Definisi Air Conditioner, Hingga Fungsi dan Keuntungannya - Toko Elektronik, Jual AC Surabaya, Jual Elektronik Surabaya, Elektronik, AC, Service AC, TV, Alat Elektronik, Harga AC, Electronic Store, Air Conditioner

Sebelumnya, AC atau singkatan dari Air Conditioner dibanderol dengan harga yang cukup mahal dan biasanya dipasang di gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, rumah sakit, hotel hingga rumah mewah. Akan tetapi saat ini, AC menjadi salah satu kebutuhan utama masyarakat dari berbagai kalangan, terutama di wilayah yang memiliki suhu cukup tinggi.

Lalu apa sebenarnya yang dimaksud AC (Air Conditioner)? Simak penjelasan hingga keuntungan menggunakannya berikut ini.

Definisi Air Conditioner

AC (Air Conditioner) merupakan mesin yang diciptakan agar dapat menstabilkan suhu dan kelembaban udara pada suatu ruangan. Mesin ini pun lebih dikenal sebagai penyejuk ruangan dan teknologinya semakin modern seiring dengan perkembangan zaman.

Diambil dari berbagai sumber, AC yang menggunakan energi listrik ditemukan pertama kali pada tahun 1902 oleh Willis Haviland Carrier.

Definisi Air Conditioner, Hingga Fungsi dan Keuntungannya

Sumber foto: https://pixabay.com/

Fungsi Air Conditioner

Umumnya, AC dikenal sebagai pendingin atau penyejuk udara. Namun ternyata ada tiga fungsi pasti dari Air Conditioner sebagai berikut:

  • Mengatur Suhu Udara

Fungsi AC yang utama adalah sebagai pengatur suhu ruangan, dimana penggunanya dapat mengatur suhu sesuai dengan kebutuhan. Biasanya, suhu terendah AC adalah 180 Celcius dan yang tertinggi adalah 300 Celsius.

  • Mengatur Kelembapan Udara

Fungsi berikutnya dari AC adalah sebagai penjaga kelembaban udara, yang berkaitan juga dengan suhu. Idealnya, suhu AC diatur 24-26 derajat Celcius untuk menjaga kelembaban ruangan.

  • Membersihkan Udara

Fungsi terakhir dari AC adalah dapat membersihkan udara karena mesinnya sendiri dilengkapi dengan filter yang mampu menyaring debu dan kotoran udara. Namun mengingat fungsi yang satu ini, maka AC harus dibersihkan secara rutin.

Keuntungan Menggunakan Air Conditioner

Setelah membahas tentang berbagai fungsi dari AC, maka bisa diklasifikasikan bahwa Air Conditioner ini memiliki berbagai keuntungan sebagai berikut:

  • Kualitas Udara Semakin Baik

Pertama, dengan menggunakan AC, tentu saja kualitas udara di ruangan semakin baik dan hal itu mempengaruhi kesehatan. Hal itu karena filter dan teknologi nano filter yang terdapat pada AC.

  • Mempermudah Tidur

Bagi yang memiliki kebiasaan sulit tidur, terlebih lagi jika tinggal di wilayah dengan suhu yang cukup tinggi, maka AC menjadi solusi yang tepat. Dengan mesin yang dapat menyejukkan udara itu, maka tubuh akan lebih rileks dan membuat lebih mudah mengantuk.

  • Meningkatkan Produktivitas

Keuntungan terakhir dari menggunakan AC adalah dapat meningkatkan produktivitas. Hal itu diungkap sebuah penelitian yang menjelaskan bahwa pendingin ruangan membuat seseorang merasa nyaman sehingga berpikir lebih jernih.

Keuntungan Menggunakan Air Conditioner

Sumber foto: https://pixabay.com/

Berbagai Jenis Air Conditioner

Mengikuti perkembangan zaman, maka teknologi pada AC pun juga mengalami peningkatan. Dan berikut adalah berbagai jenis dari AC yang beredar di Indonesia.

  • AC Split Wall

Jenis AC yang satu ini banyak digunakan di rumah-rumah karena ukuran yang kecil, harga terjangkau dan juga perawatannya yang mudah. AC split wall memiliki dua bagian yang ditempatkan di dalam dan luar ruangan. Sementara mengingat penggunaannya, maka variasi AC split wall antara 0,5 PK–2 PK.

  • AC Cassette

AC dengan jenis ini biasanya dipasang untuk ukuran ruangan yang lebih luas dan tinggi, seperti perkantoran, ruko hingga ruang pertemuan dengan kapasitas AC 1 PK hingga 6 PK. AC cassette juga memiliki dua bagian yang ditempatkan di dalam dan luar ruangan, hanya saja pada bagian dalamnya dipasang di langit-langit ruangan.

  • AC Central

AC jenis ini biasanya digunakan untuk mal, gedung bertingkat hingga hotel karena kapasitas yang sangat besar. Hal itu terlihat dari cara kerjanya di mana cooling plant yang berada di luar ruangan menjadi pendingin udara yang dialirkan ke dalam ruangan.

  • AC Split Duct

AC jenis yang satu ini dapat membagi suhu dingin ke semua ruangan lewat sistem ducting. Biasanya, AC split duct digunakan di ruangan yang luas dan memiliki satu titik kontrol yang terpusat.

  • AC Standing Floor

AC standing floor merupakan pendingin udara yang dipasang di lantai. Biasanya AC jenis ini digunakan untuk berbagai acara seperti seminar, pernikahan dan masih banyak lagi. Mengingat mudah dipasang dan dilepas, AC ini biasanya disewakan.

  • AC Portable

AC jenis ini memiliki ukuran yang kecil dan mudah dibawa kemanapun, ditambah lagi harganya yang sangat terjangkau. Biasanya pengguna AC portable adalah para penghuni indekos.

  • AC Window

AC jenis ini seperti halnya AC portable, di mana bagian kompresor dan evaporatornya menyatu. Namun AC window harus dipasang di dinding yang telah dilubangi sesuai ukuran AC.

Berbagai Jenis Air Conditioner

Sumber foto: https://unsplash.com/

Komponen Air Conditioner

Agar dapat berjalan sesuai fungsi, desain AC terbilang khusus dan memiliki berbagai komponen yang terbagi menjadi 4 bagian, yaitu:

  • Komponen Utama

Komponen utama pada AC berfungsi sebagai pengatur suhu udara, yaitu: Kondensator, Kompresor, Evaporator dan Pipa Kapiler.

  • Komponen Pendukung

Komponen yang berikutnya berfungsi sebagai pendingin udara, yaitu: StrainerAccumulatorBlower dan Fan (kipas).

  • Komponen Kelistrikan

Mengingat AC membutuhkan daya listrik, maka komponen yang ketiga adalah: Termostat, Kapasitor, Overload dan Motor listrik.

  • Refrigeran

Komponen yang satu ini berupa zat yang dialirkan pada sistem AC dan berfungsi sebagai pendingin.

Bagaimana dengan informasi di atas? Cukup membantu bukan? Jadi sebelum membeli AC, pastikan dulu fungsi dan pilihan penggunaannya untuk apa. Jika Anda ingin mencari Supplier AC terlengkap dan termurah, CV. Bintang Plasma jawabannya. Kami menyediakan berbagai merk AC ternama dengan jenis dan tipe beragam. Semua produk AC kami dijamin murah, berkualitas dan bergaransi.