AC 1

Sumber: https://www.freepik.com

Sebagai negara tropis, Indonesia umumnya memiliki udara yang panas dengan kelembaban rendah. Karenanya penggunaan air conditioner (AC) menjadi semakin populer di kalangan masyarakat.

AC atau air conditioner merupakan mesin pendingin ruangan yang salah satu kegunaannya adalah untuk dapat menstabilkan kelembaban udara dan suhu ruangan. Setidaknya, terdapat beberapa jenis AC yang ditawarkan di berbagai marketplace. Salah satunya yaitu AC split.

Sebenarnya apa pengertian AC split, fungsi, serta keunggulannya? Simak artikel berikut untuk mendapatkan informasinya secara lengkap!

Pengertian AC Split

AC TCL

AC split merupakan alat pengatur suhu ruangan agar menjadi lebih rendah dibandingkan suhu lingkungan sekitar. AC split umumnya terdiri dari dua bagian unit, yaitu unit pendingin yang terletak di indoor dan unit pelepasan panas terletak di outdoor.

Umumnya, AC split akan dapat bekerja secara maksimal jika berada di dalam ruang tertutup dan tidak terdapat jendela atau ventilasi udara yang terbuka. Jika AC split diletakkan di ruangan semi terbuka, maka sistem kerja AC tidak dapat berjalan secara maksimal.

Fungsi AC

Sesuai dengan kegunaannya, AC berfungsi sebagai pendingin ruangan agar udara dapat terasa sejuk dan nyaman. Setidaknya, terdapat beberapa hal yang dapat dikondisikan dengan AC, yaitu meliputi suhu udara, kelembaban udara, dan kebersihan udara seperti pada penjelasan berikut.

1. Mengatur Suhu Udara

AC 3

https://elements.envato.com

AC memiliki fungsi untuk dapat mengatur suhu udara ruangan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pengguna. Pengaturan suhu ruangan tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan remote control.

2. Mengatur Kelembapan Udara

AC 4

Sumber: https://www.freepik.com

AC juga memiliki fungsi untuk menjaga dan mengatur kelembapan udara yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda sehari-hari. Hal tersebut karena udara dingin dengan kelembaban tinggi mampu mengakibatkan kulit menjadi lebih cepat kering.

3. Membersihkan Udara

Selain itu, kegunaan AC bermanfaat untuk dapat menyaring debu kotoran di udara karena dilengkapi dengan filter. Karenanya, Anda perlu rutin membersihkan filter AC agar terbebas dari kotoran maupun debu sehingga kebersihan dan kesejukan udara dapat selalu terjaga dengan baik.

Cara Kerja AC Split

Cara Kerja AC

Sumber: https://www.freepik.com

Pada umumnya, sebuah AC split terdiri dari dua kumparan yang saling terhubung, yaitu kumparan evaporator (indoor) dan kumparan kondensor (outdoor). Kumparan tersebut berisi refrigeran yang akan mengalir secara terus-menerus.

Prinsip kerja AC tersebut adalah refrigeran yang mengalir akan menyerap panas dari udara dalam ruangan dan membuangnya ke luar ruangan. Cara itu dapat dilakukan dengan menjaga kumparan evaporator tetap dingin dan kumparan kondensor tetap panas.

Untuk lebih lengkapnya, penjelasan cara kerja AC split adalah sebagai berikut.

  • Refrigeran dari evaporator yang bertekanan rendah mengalir ke kompresor sehingga wujudnya berubah menjadi gas panas.
  • Gas refrigeran panas mengalir menuju kondensator dan dilepaskan ke luar ruangan dengan bantuan kipas. Pada fase ini, suhu refrigeran akan turun berubah menjadi cairan.
  • Refrigeran cair mengalir ke katup ekspansi untuk membatasi aliran dan mengurangi tekanan sehingga suhu refrigeran turun dan lebih dingin daripada suhu ruangan.
  • Refrigeran dingin kemudian mengalir menuju kumparan pendingin (cooling coil) pada evaporator.
  • Udara panas dari ruangan yang masuk ke AC akan mengalir melalui kumparan pendingin dan berubah menjadi dingin.
  • Udara dingin mengalir melalui kisi-kisi ke dalam ruangan.
  • Proses tersebut terjadi secara terus-menerus dan berulang-ulang.

Jenis-Jenis AC Split

Seiring pesatnya perkembangan teknologi, variasi AC split semakin beragam dan banyak ditemui di berbagai tempat maupun marketplace. Beberapa variasi AC split tersebut adalah sebagai berikut.

1. AC Split Standard

AC TCL

AC jenis ini merupakan versi paling rendah yang memiliki teknologi minim dan beberapa fungsi saja. Satu hal yang paling terasa dari AC standar yaitu penggunaan energi yang cukup besar, karena ketika pertama kali menyala maka perangkat akan langsung bekerja secara penuh.

Proses operasional penuh ini berlangsung secara terus-menerus hingga suhu ruangan sesuai dengan yang indikator yang diatur oleh pengguna. AC kompresor kemudian akan berhenti untuk sementara waktu kemudian menyala kembali apabila temperatur berubah.

Proses berulang seperti ini biasanya cukup mengkonsumsi daya yang besar, sehingga tagihan listrik akan semakin besar. Oleh karenanya, Anda perlu menghindari produk ini meskipun harga yang ditawarkan biasanya cukup murah.

2. AC Split Low Watt

AC Split Gree Low Watt

AC Low Watt umumnya memiliki teknologi yang sama dengan tipe standar, yang membedakan adalah kompresor didesain sedemikian rupa agar mampu untuk hemat energi. Sehingga, mampu mendukung pengguna yang memiliki daya listrik kecil agar tetap bisa memakai AC.

Meskipun demikian karena teknologi standar yang dimiliki jenis AC ini memiliki kelemahan. Karena proses pendingin ruangan berlangsung lebih lambat dibanding tipe standar pada umumnya.

3. AC Split Inverter

AC Split LG Dual Cool Inverter

AC split inverter merupakan salah satu jenis AC split dengan teknologi paling mutakhir. Hal tersebut karena AC ini merupakan penyempurnaan dari semua seri sebelumnya. AC ini dilengkapi dengan kombinasi antara konsumsi energi rendah, fitur canggih, dan daya pendinginan efisien sehingga menjadikan seri inverter ini menjadi kian populer di kalangan masyarakat.

Fakta unik tentang AC Split Inverter menurut website acwahana adalah saat pertama AC dihidupkan lebih banyak memakan watt listrik. Namun setelah suhu ruangan sesuai maka konsumsi watt juga akan menurun mengikuti suhu ruangan. Sehingga akan lebih hemat listrik

Komponen AC Split

Komponen AC

Sumber: https://www.freepik.com

Seperti pada jenis AC lainnya, AC split umumnya terdiri dari beberapa komponen. Komponen-komponen pada AC split dijelaskan sebagai berikut.

1. Komponen Utama AC Split

  • Kondensor

Kondensator memiliki fungsi untuk dapat menukar kalor atau panas, mengubah wujud refrigeran dari gas menjadi cair, dan menurunkan suhu refrigeran. Kondensor biasanya diletakkan di luar ruangan agar mampu melepaskan panas refrigeran secara maksimal.

  • Kompresor

Kompresor berfungsi untuk memompa dan mengalirkan refrigeran ke seluruh bagian AC. Kompresor juga dilengkapi oleh dua buah pipa, yaitu pipa hisap dan pipa tekan serta memiliki dua tekanan, yaitu tinggi dan rendah.

  • Evaporator

Evaporator memiliki fungsi untuk dapat menyerap panas dan mengalirkan udara ke refrigerant sehingga refrigeran dapat berubah menjadi gas dari cair setelah melalui pipa kapiler. Evaporator menurunkan suhu ruangan dengan cara mengambil udara panas ruangan melewati sirip-sirip pipa.

  • Pipa Kapiler

Pipa kapiler berfungsi untuk menurunkan tekanan refrigeran ke evaporator. Sehingga, mampu menyebabkan suhu udara yang keluar dari AC menjadi rendah.

2. Komponen Pendukung AC Split

  • Trainer

Trainer merupakan komponen Ac yang berfungsi untuk menyaring kotoran yang terbawa di dalam refrigeran.

  • Accumulator

Komponen ini berfungsi untuk menampung sementara refrigeran cair bersuhu rendah dan campuran pelumas evaporator, serta menjaga agar aliran refrigeran menuju kompresor tetap lancar.

  • Blower

Fungsi utama blower adalah menghirup udara panas dari dalam ruangan dan menghembuskan udara dingin kembali ke dalam ruangan.

  • Fan (kipas)

Kipas pada AC dapat membantu kondensator untuk membuang panas ke udara luar.

3. Refrigerator

Refrigerant merupakan sistem pendingin pada AC. Fungsi komponen ini adalah meneruskan cairan AC dan merubahnya menjadi gas untuk menghasilkan udara dingin.

Keunggulan AC Split

Sebagai sebuah produk elektronik, AC split memiliki beberapa keunggulan dan kelemahan. Beberapa keunggulan AC split tersebut adalah sebagai berikut.

1. Desain Praktis

Menghitung Kebutuhan PK AC

Sumber: pixabay.com

Jenis AC split umumnya memiliki bentuk kotak persegi panjang dengan ukuran sedang. Bentuk tersebut memudahkan dalam pemasangan pada dinding ruangan dengan ketinggian tertentu. Sehingga desain AC ini cukup pas dan tidak mengganggu aktivitas pengguna.

2. Listrik Lebih Hemat

Kabel AC

Sumber: https://www.freepik.com

Umumnya penggunaan AC split hanya membutuhkan daya listrik yang cukup kecil atau mampu menekan penggunaan listrik sehari-hari. Sehingga biaya listrik yang digunakan dalam pemakaian AC ini menjadi lebih hemat.

3. Pemeliharaan Mudah

AC 7

Sumber: https://www.freepik.com

Penggunaan AC split umumnya dapat dilakukan dengan mudah secara mandiri dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya dengan membersihkan unit indoor dan outdoor secara berkala dan mengisi refrigeran.

Kekurangan AC Split

Tidak hanya mengenai kelebihannya saja, Anda juga perlu mengetahui kekurangan dari AC split. Beberapa kekurangan tersebut dijelaskan sebagai berikut.

1. Daya Listrik Pertama Besar

Dompet dan uang

Sumber: https://www.freepik.com

Pada penggunaan AC split pertama kali, umumnya daya yang diperlukan cukup besar. Khususnya pada tipe AC yang selalu beroperasi secara penuh pada waktu dinyalakan.

2. Suhu Tidak Stabil

PK AC

Sumber: pixabay.com

AC umumnya memiliki kelemahan untuk mempertahankan suhu udara ruangan. Sehingga, apabila pengoperasian AC berada di antara ruangan indoor dan outdoor maka penggunaan AC tidak dapat dilakukan secara maksimal. Selain itu, suhu udara juga menjadi tidak stabil dan tidak merata.

3. Pengaturan Tidak Boleh Salah

Reparasi AC

https://elements.envato.com

AC merupakan salah satu peralatan elektronik yang rentan terhadap kerusakan, baik dari proses pemasangan maupun cara pengoperasian. Kedua hal tersebut dapat menyebabkan perangkat gagal berfungsi secara maksimal. Selain itu, kebiasaan cara penggunaan juga sangat berpengaruh terhadap tingkat ketahanan AC sehari-hari.

Demikian penjelasan mengenai pengertian AC split, fungsi, dan kelebihan-kekurangannya bagi Anda. Semoga artikel tersebut dapat menjadi inspirasi sekaligus rekomendasi Anda untuk merawat dan menentukan AC split yang sesuai dengan berbagai kebutuhan sehari-hari!

Jika Anda ingin mencari Supplier AC terlengkap dan termurah, CV. Bintang Plasma jawabannya. Kami menyediakan berbagai merek AC ternama dengan jenis dan tipe beragam. Semua produk AC kami dijamin murah, berkualitas dan bergaransi.