Salah satu perangkat elektronik Indonesia yang sudah banyak digunakan oleh masyarakat menjadi kegemaran karena dapat menjadikan ruangan lebih dingin. Terlebih cuaca Indonesia sangat terik, sehingga memerlukan AC untuk mengatasinya.

Tahukah kamu bahwa AC telah berkembang dengan cepat, mulai dari AC yang dapat dipasang pada dinding hingga AC Standing. Terdapat pula AC Cassette yang tak kalah menarik untuk dikupas tuntas dari pengertian hingga keunggulannya. Yuk simak artikel berikut ini !

Pengertian AC Cassette

Mungkin sebagian orang masih banyak yang belum mengetahui tentang AC Cassete. . AC Cassette dipasang di langit-langit ruangan dan umumnya yang sudah di plafon dengan ukuran 30cm supaya dapat memuat unit indoornya.

Apakah tidak bisa jika langitnya tidak berplafon? Sebenarnya bisa, hanya saja penampilannya tidak tampak lebih cantik dan rapi. Nilai estetika dari plafon dan AC juga tampak serasi. Apabila AC digunakan tanpa plafon menjadi berantakan.

Jalur pipa dan lainnya yang belum tertutup plafon akan terlihat semuanya. Alangkah lebih baiknya menggunakan AC Ceiling. Sebab AC Cassette lebih tepat dipasang pada ruangan yang lebar kesamping. Kenapa? Karena peletakannya di langit-langit.

AC juga dapat diletakkan pada bagian tengah ruangan, supaya udara yang keluar dihantarkan dari empat arah yakni ke atas, bawah, kanan dan kiri. Dengan begitu udaranya dapat menyebar hingga ke seluruh ruangan.

Bagaimana dengan ruangan yang tinggi, apakah cocok memasang AC Cassette? Bagi yang memiliki ruangan dengan tinggi 4 meter, AC ini tidak dapat dipasang karena jarak plafon ke jarak lantai terlalu jauh. Udara yang tersebar tidak dapat menyebar secara maksimal. 

AC Cassette merupakan pendingin ruangan yang memiliki seperangkat unit untuk menghasilkan udara dengan suhu yang jauh lebih dingin. Proses instalasinya mudah, praktis, dan tidak memakan banyak tempat. 

Banyak gedung besar seperti mall, perkantoran, maupun gedung industri mengaplikasikan jenis AC ini. Fitur dan komponen yang menyusun AC Cassette antara lain sensor suhu, sensor jumlah orang yang ada di ruangan, sinyal infrared, kondensor, blower. auto swing, dan sebagainya.

Fungsi AC Cassette

Fungsi AC Cassette sedikit banyaknya sama seperti AC pada umumnya, yakni :

1. Meningkatkan Kualitas Udara

AC dilengkapi dengan alat filter yang dapat menyaring dari debu, kotoran dan sebagainya sehingga kualitas udara menjadi meningkat. Selain itu, berbagai bakteri jahat yang bersarang di ruangan dapat dibasmi berkat adanya AC.

2. Produktivitas Meningkat

Kualitas dari ruangan yang dingin dan bersih terbukti mampu meningkatkan produktivitas seseorang, terutama dalam hal berpikir. Tubuh akan lebih rileks, nyaman dan terhindar dari stress. Berbeda dengan ruangan yang panas menghabiskan banyak tenaga serta menguras pikiran.

3. Membuat Tidur Menjadi Nyenyak

Tidak hanya berdampak positif pada produktivitas, namun penggunaan AC mampu menciptakan kualitas tidur yang lebih nyenyak dari biasanya. Hal ini dikarenakan suhu dingin dan kelembaban yang membuat seseorang menjadi mudah mengantuk.

Cara Kerja AC Cassette

Sebuah AC memiliki dua kumparan yaitu kumparan evaporator dan kondensator. Dimana keduanya berisi refrigeran yang mengalir secara terus menerus dan saling terhubung. Prinsip kerjanya sederhana.

Kumparan evaporator harus dijaga agar tetap dingin, sedangkan kumparan kondensor dijaga supaya tetap panas. Nantinya panas dari dalam ruangan akan diserap oleh refrigeran dan membuangnya ke luar.

Refrigerant dari evaporator mengalir ke kompresor bertekanan rendah (wujudnya berubah menjadi gas panas). Kemudian mengalir menuju kondensator, lalu panas dikeluarkan melalui kipas yang berada diluar ruangan.

Selama fase ini berlangsung, refrigerant berubah menjadi cairan dan suhunya turun. Refrigeran cair akan mengalir ke katup ekspansi dan yang dingin menuju kumparan pendingin. Setelah itu, udara dingin mengalir melalui kisi-kisi untuk kembali menuju ruangan. Proses tersebut akan berlangsung secara berulang setiap kali AC Cassette diaktifkan. 

Kelebihan AC Cassette

Kelebihan AC Cassette cukup banyak, diantaranya :

  • Memiliki tiga pola udara yang memberikan kenyamanan ekstra
  • Cara pemasangan yang mudah
  • Lebih mudah untuk dibersihkan
  • Dapat dipasang pada ruangan yang minimalis (tidak terlalu lebar)

Rekomendasi Merk AC Cassete

Setelah mengetahui tentang AC Cassette, fungsi dan kelebihannya pasti tertarik untuk memilikinya dirumah. Untuk itu, kami rekomendasikan merk AC Cassette yang terbaik dan berkualitas.

1. AC Cassette Panasonic

Jenis AC yang satu ini dilengkapi dengan teknologi nanoe yang dapat menjaga udara selama 24 jam lamanya. Tidak memerlukan perawatan khusus, konsumsi listrik rendah dilengkapi ode kipas yang hanya menghabiskan 25W per jam.

2. AC Cassette Honshu

AC Honshu memiliki desain yang kokoh sehingga  tahan lama, kualitas berstandar internasional yang tidak berdampak besar pada lingkungan. Selan itu, AC ini tahap terhadap goncangan

3. AC Cassette Changhong

AC Cassette Changhong

AC yang diciptakan untuk membuat suhu ruangan terasa lebih dingin. Hemat listrik bergaransi suku cadang. Recommended bagi yang tidak ingin merasakan udara yang panas di siang dan malam hari.

Terdapat beberapa rekomendasi lain yang bisa menjadi pilihan kamu untuk mendapatkan AC Cassette Gree, AC Cassette Thailand Daikin, AC Cassette Malaysia Daikin, AC Cassette LG, MRV Indoor Haier, AC Light Commercial Package, AC Cassette Daikin dan AC Cassette Mitsubishi. Bawa pulang sekarang juga!

Jika Anda ingin mencari Supplier AC terlengkap dan termurah termasuk AC CassetteCV. Bintang Plasma jawabannya. Kami menyediakan berbagai merek AC ternama dengan jenis dan tipe beragam. Semua produk AC kami dijamin murah, berkualitas dan bergaransi.