Ternyata pendingin ruangan tidak hanya satu tipe saja loh, tapi terdapat banyak tipe unggulan yang dapat mendinginkan ruangan. Termasuk AC Split Duct yang diatur oleh satu titik saja. Sehingga dapat mengatur suhu udara sesuai dengan keinginan.

Namun, apa sebenarnya AC Split Duct dan bagaimana kegunaannya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak dengan seksama penjelasannya dibawah ini.

Pengertian AC Split Duct

AC Split Duct dikenal juga dengan nama air handling system. Sebuah alat pendingin yang biasanya dipasang pada gedung yang belum memiliki pengatur suhu pada setiap ruangan. Dengan adanya AC ini ruangan menjadi terasa nyaman, segar dan bebas dari udara panas.

AC ini menurunkan suhu udara dengan memindahkan panas dari ruangan menuju area luar melalui sebuah saluran udara yang disebut dengan ducting. Selain itu, memberikan efisiensi energi, material dan pemakain ruang.

Penggunaan ducting dituntut supaya dapat menjamin keselamatan dan kenyamanan bagi siapa saja yang menggunakannya.  Tak heran apabila didalam komponen ducting terdapat beberapa komponen penting  seperti ventilasi, filtrasi, dan humiditas.

Dalam pemasangan AC Split ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya :

  • Lakukan perencanaan instalasi terlebih dahulu, bagaimana pengoperasiannya dan perawatan yang harus dilakukan apabila menggunakan AC Split.  Dibutuhkan kehati-hatian yang tinggi sebab AC ini hanya menggunakan satu AC sebagai pusat yang mengatur  suhu udara.
  • Mempertimbangkan kebutuhan biaya investasi karena pemasangannya cukup rumit sehingga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. 
  • Lakukan perawatan secara berkala supaya dapat memantau saluran udara apakah berjalan dengan baik atau mengalami kendala. Selain itu, mengantisipasi kerusakan yang dapat terjadi kapan saja.
  • Sesuaikan temperatur dengan kebutuhan. Tujuannya supaya semua ruangan menjadi dingin sesuai dengan yang diinginkan.

Kelebihan AC Split Duct

Setiap teknologi canggih sudah pasti memiliki keunggulan yang membuat pengguna betah untuk menggunakannya. Keunggulan tersebut sudah teruji dari banyaknya AC Split dirumah masyarakat Indonesia. Supaya kamu juga tertarik untuk memasang AC Split, simak kelebihannya sebagai berikut!

  • Dapat mendistribusikan hawa dingin hanya dengan satu pusat AC saja
  • Lebih ekonomis karena suhu dingin sudah menyebar secara menyeluruh 
  • Mampu menekan biaya pengeluaran bulanan
  • Menambah nilai estetika yang tinggi
  • Tidak menimbulkan suara berisik sehingga lebih nyaman
  • Terpasang tersembunyi sehingga tidak mencolok dan tidak mengganggu desain interior
  • Lebih mudah untuk dibersihkan 
  • Tidak mudah mengalami kebocoran
  • Lebih tahan lama dibandingkan AC lain

Rekomendasi AC Split Duct

Meskipun harganya terbukti lebih mahal, namun apabila dikalkulasikan tetap lebih banyak pengeluaran AC lain yang lebih mudah rusak dan membutuhkan biaya perbaikan. Untuk itu, perhatikan rekomendasi AC berikut supaya dapat membantu kamu untuk memilih AC terbaik untuk gedung atau rumah kamu.

1. AC Split Duct Panasonic

AC Split Duct Panasonic

AC yang tidak menimbulkan suara bising dan menyebarkan udara secara maksimal keseluruh ruangan. Terdiri dari beberapa model yang dapat menjadi pilihan yaitu model S/U-22PF1H5 PK 2.5, model S/U-28PF1H5 PK 3.1, model S/U-35PF1H8 PK 4, model S/U-45PF1H8 PK 4,7 dan model /U-55PF1H8 PK 5.7.

2. AC Split Duct High Capacity Daikin

AC Split Duct High Capacity Daikin_

AC yang dirancang dengan teknologi tinggi dan canggih. Mudah untuk melakukan perawatan pada AC yang satu ini. Tersedia berbagai model yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, diantaranya model SDR05NY, SDR06NY, SDR08NY, SDR10NY, SDR13NY, SDR15NY, SDR18NY dan SDR20NY.

3. AC Split Duct Thailand Daikin

AC Split Duct Thailand Daikin

Tenang saja tidak perlu khawatir untuk menggunakan AC Split Duct karena sudah berkembang semakin baik. Salah satunya Thailand Daikin yang memiliki model sederhana, simple namun elegan. Lebih cepat mengalirkan udara dingin dan tidak mudah rusak. 

Banyak sekali model atau tipe yang tersedia yaitu model SDMNQ09MV, SDMNQ21MV, SDMNQ26MV, SDMNQ26MY, SDMNQ26MY, SDMNQ30MY, SDMNQ36MY, SDMNQ36MY, SDMNQ42MY dan SDMNQ48MY.

4. AC Split Duct LG

Memiliki bentuk yang ramping. Generasi terbaru yang hemat listrik dan lebih cepat dingin. Dilengkapi dual inverter compressor. Cocok sekali untuk yang menyukai ruangan yang dinginnya maksimal seharian.

5. AC Split Duct Daikin

AC Split Duct Daikin juga tidak kalah menarik dari segi model bahkan kualitas sekaligus. Mudah untuk pengoperasian dan tidak memerlukan perawatan khusus. Teknologi yang digunakan sudah mumpuni sehingga jauh lebih signifikan untuk menyalurkan udara dingin pada ruang usaha.

Jika Anda ingin mencari Supplier AC terlengkap dan termurah termasuk AC Split DuctCV. Bintang Plasma jawabannya. Kami menyediakan berbagai merek AC ternama dengan jenis dan tipe beragam. Semua produk AC kami dijamin murah, berkualitas dan bergaransi.