Air Conditioner atau AC adalah bagian penting dalam kehidupan rumah tangga modern. Perangkat yang satu ini berfungsi untuk menyejukkan dan menyaring udara di ruang tertutup. Biasanya dalam rumah tangga, AC yang terpasang menggunakan sistem AC Split. Pemeliharaan yang tepat diperlukan agar AC tetap berfungsi dengan baik, termasuk membongkar perangkat untuk membersihkan bagian-bagiannya. 

Selain menyewa teknisi AC atau jasa service AC, kita juga dapat membersihkan AC rumah sendiri karena caranya cukup mudah asal sesuai langkah. Dan membongkar AC kemudian membersihkannya sendiri pun dapat menghemat biaya perawatan AC. Begini cara dan tahapan langkahnya.

Cara Bongkar AC

Ketika Anda mencari cara untuk memperbaiki AC Anda sendiri, salah satu langkah awal yang harus Anda lakukan adalah melakukan penggantian atau perbaikan komponen-komponen pada unit AC. Hal itu berarti bahwa Anda harus melakukan bongkar pasang AC Anda. 

Secara ringkas, ketika membeli penyejuk udara di toko AC terdekat biasanya disertakan buku panduan yang berisi part bagian AC di dalamnya. Dan membuka AC sendiri membutuhkan beberapa langkah termasuk menyediakan semua alat yang diperlukan. Kemudian perlu melepas berbagai bagian unit pada AC dan menggantinya jika ada yang rusak. Hal itu dilakukan bertahap hingga akhirnya AC dipasang seperti semula. Cara buka AC ini bisa untuk banyak brand termasuk Sharp, Daikin, LG, Panasonic, Polytron. Lebih jelasnya lihat gambar di bawah.

Cara buka ac berbagai merk termasuk panasonic, daikin, polytron, LG, sharp

Cara buka AC berbagai merk termasuk panasonic, daikin, polytron, LG, dan sharp

  1. Keringkan AC dan Putuskan Sambungan Unit dari Sumber Dayanya
  2. Lepaskan Panel Depan dan buka sesuai urutannya
  3. Hafal posisi dan perhatikan partnya, simpan mur/ baut/ part lain jangan sampai tertukar/ hilang
  4. AC siap dibersihkan/ diganti spare partnya
  5. Jika sudah selesai, kembalikan lagi sesuai urutannya

Tujuan seseorang membongkar AC biasanya karena ingin dibersihkan atau diperbaiki. Untuk AC Split ada 2 unit yang perlu diperhatikan yaitu indoor dan outdoor. Setiap unit berbeda komponen dan bagian untuk dilepaskan. Bila saat mencopot bagian-bagian outdoor, selain dibersihkan juga biasanya untuk perbaikan salah satunya bila memperbaikinya dengan cara membuang freon terlebih dahulu. Begini cara membuang freon AC split pada unit outdoor.

  1. Anda perlu mempersiapkan peralatan untuk membongkar outdoor AC seperti obeng, kunci, selang, bak, air (botol mineral)
  2. Membuka kap AC dan buka tempat dimana freon dimasukkan.
  3. Menggunakan media penghubung seperti selang atau botol air mineral untuk mencoba membuangnya dan pastikan jika pembuangan freon langsung berada pada air yang disediakan.
  4. Selama melakukan pembuangan tersebut, pastikan pengguna tidak melakukan pergerakan pada beberapa kabel yang ada di sekitarnya.
  5. Selesai. Dengan ketelitian melakukan pembuangan freon maka beberapa komponen di sekitarnya tidak akan terpengaruh.

Cara Aman Melepas AC

Penting bagi Anda untuk tahu cara melepas AC dengan aman. Dan berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Pertama, pastikan bahwa Anda mematikan aliran listrik ke AC sebelum Anda melepaskannya. Menyingkirkan kabel dari soket akan memastikan bahwa Anda tidak terpapar energi listrik yang berbahaya ketika melepas unit.
  • Kedua, selalu gunakan pegangan yang tepat untuk mengangkat AC. Jangan mencoba mengangkat unit dengan hanya satu tangan, karena ini berisiko menyebabkan Anda terjatuh atau melukai tangan Anda.
  • Ketiga, pastikan bahwa Anda telah menutup bagian-bagian yang memungkinkan pengeluaran gas freon dan udara dingin ketika melepas. Periksa selang pipa, lubang ventilasi, dan lubang pembuangan kondensasi untuk memastikan bahwa tidak ada kebocoran.
  • Keempat, lepaskan AC dengan perlahan dan jangan membanting atau menjatuhkannya. Jika Anda membanting unit, Anda dapat merusak bagian-bagian dalamnya dan membuat unit tidak berfungsi dengan benar. Jangan meletakkan AC di atas lantai yang keras, karena ini juga dapat merusak unit.
  • Kelima, mintalah bantuan orang lain jika Anda merasa kesulitan saat melepas unit. Sebagian besar AC memiliki bobot yang berat dan membutuhkan dua orang untuk mengangkatnya dengan aman.

Cara Bongkar AC Tanpa Membuang Freon

Bongkar AC tanpa membuang

Sumber foto: https://www.freepik.com/

Membongkar AC tanpa membuang Freon tidaklah mudah. Namun, ada beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk memastikan bahwa proses berjalan dengan lancar dan aman. 

1.Alat dan Bahan

Pertama, Anda perlu menyiapkan alat dan bahan untuk membongkar AC tanpa membuang Freon sebagai berikut:

  • Obeng (+) dan (–)
  • Taspen
  • Kunci (L) satu set
  • Kunci Inggris 2 buah
  • Gauge manifold
  • Tang potong
  • Palu

2.Cara Tepat Bongkar AC Tanpa Membuang Freon

  • Langkah pertama untuk membongkar AC tanpa membuang Freon adalah Anda perlu menyalakan AC lebih dulu. Biarkan beberapa menit sampai sirkulasi Freon stabil.
  • Kemudian, langkah berikutnya adalah dengan memeriksa bagian unit outdoor, buka penutup bagian kabel kiriman dan setelahnya tutup bagian kran pipa refrigerant (jika ada).
  • Setelahnya, langkah ketiga adalah buka tutup kran pengisian Freon dan pasangkan selang manifold berwarna biru pada kran pengisian Freon tersebut. Namun jangan lupa untuk menutup keran di manifold.
  • Keempat, bukalah tutup atau baut kran pipa kecil dan besar dengan menggunakan kunci Inggris. Lalu tutup kran pipa kecil lebih dahulu menggunakan kunci L.
  • Selanjutnya, Anda perlu memperhatikan jarum pada manifold yang turun secara perlahan, pastikan hingga mencapai angka 0.
  • Langkah terakhir, tutup kran pipa besar dengan kunci L, matikan AC sesegera mungkin dengan bantuan orang lain.

Baca juga : Begini 11 Cara Menyalakan AC yang benar agar tetap hemat listrik

3.Bongkar Unit Indoor AC

Sementara langkah-langkah yang tepat untuk cara membongkar AC indoor yaitu sebagai berikut:

  • Putuskan aliran listrik pada AC.
  • Lepaskan selang pembuangan atau water drain.
  • Lepaskan sambungan nepel yang berfungsi sebagai penghubung unit indoor dengan pipa instalasi dengan gunakan 2 kunci Inggris. Satu kunci Inggris untuk menjadi penahan, dan yang satunya lagi untuk memutar baut nepel.
  • Lepas atau turunkan unit indoor AC dari bracket. Dan kemudian lepas bracket indoor AC dengan menggunakan obeng.

4.Bongkar Unit Outdoor AC

Terakhir membahas tentang langkah-langkah yang tepat untuk cara membongkar unit outdoor AC adalah sebagai berikut:

  • Copot kabel power kiriman dari unit indoor.
  • Kemudian copot baut/nepel yang menjadi penghubung antara unit outdoor dengan pipa instalasi. Jika unit terpasang pada breket, lepaskan baut pengikat antara unit outdoor dengan breket tersebut, dan turunkan dari breket.
  • Terakhir, lepas bracket dari dianabol yang tertancap di dinding dengan menggunakan kunci Inggris.

5.Tambahan

Anda perlu memastikan membongkar AC dengan cara yang tepat dan rapi agar unit AC tetap dalam kondisi baik saat dinyalakan. Jika memungkinkan, Anda juga dapat membongkar pipa instalasi jika sudah tidak layak pakai. 

Melakukan pembongkaran AC pertama kali mungkin tidak mudah, oleh karena ini Anda bisa mengikuti panduan dari artikel ini. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan mempermudah Anda saat membongkar AC di rumah sendiri. Juga ketika Anda sudah bisa copot AC dan bongkar sendiri, tentu tujuannya untuk memperbaiki atau membersihkannya, klik berikut untuk tahu cara membersihkan AC agar tidak menjadi sarang penyakit.

Jika Anda ingin mencari Supplier AC lengkap dan termurah termasuk AC Split Duct, CV. Bintang Plasma jawabannya. Kami menyediakan berbagai merek AC ternama dengan jenis dan tipe beragam. Semua produk AC terbaru kami dijamin murah, berkualitas dan bergaransi.