Cara Tepat Membersihkan AC Agar Tidak Jadi Sarang Penyakit - Toko Elektronik, Jual AC Surabaya, Jual Elektronik Surabaya, Elektronik, AC, Service AC, TV, Alat Elektronik, Harga AC, Electronic Store, Air Conditioner

AC atau Air Conditioner adalah alat elektronik yang banyak digunakan untuk membantu mengatur suhu udara di suatu ruangan. Di beberapa daerah tropis, AC merupakan barang yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Dengan AC, kita dapat mengatasi suhu panas yang membuat tidak nyaman.

Akan tetapi, perlu diketahui juga bahwa AC perlu perawatan khusus agar tidak rusak, terlebih lagi jika digunakan terus-menerus. Lalu bagaimana cara membersihkan AC agar tidak jadi sarang penyakit?

Alasan AC Perlu Dibersihkan Secara Rutin

Biasanya orang-orang mengira bahwa AC tidak membutuhkan perawatan secara rutin. Akan tetapi, apakah Anda tahu bahwa meskipun AC tidak terlihat kotor, membersihkannya secara rutin adalah hal yang sangat penting? Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa kebersihan AC dapat mempengaruhi kesehatan dan kenyamanan. Dan sejumlah alasan mengapa AC perlu dibersihkan secara rutin adalah sebagai berikut.

1. Sirkulasi Udara Lebih Baik

Pertama, membersihkan AC dapat membuat sirkulasi udara menjadi lebih baik dan kotoran yang terkumpul akan hilang. Kotoran yang tertinggal dapat menyebabkan fungsi pada sistem AC tidak optimal dan menyebabkan polusi udara. 

Dengan membersihkan AC secara rutin, maka bisa dipastikan sirkulasi udara tetap optimal, menjaga udara tetap bersih, dan tentu saja AC beroperasi dengan benar.

2. Menjaga Kualitas Filter AC

Kedua, membersihkan AC dapat menjaga kualitas filter yang ada di dalam AC. Hal itu pun mempengaruhi suhu yang diinginkan saat AC dinyalakan. Yang jelas menjaga filter AC dapat membuat beban kerja AC menjadi lebih ringan.

3. Menghindari Masalah Kesehatan karena AC Kotor

Ketiga, membersihkan AC secara rutin akan menghindari masalah kesehatan. Kebanyakan AC dapat menyimpan banyak debu dan bakteri yang tidak terlihat oleh mata. Akibatnya, orang yang berada di ruangan ber-AC tersebut dapat mengalami gejala flu, alergi hingga asma. 

Melihat ketiga alasan di atas, bisa dipastikan bahwa jika ingin tetap nyaman dan sehat di ruangan ber-AC, maka membersihkan AC secara rutin adalah hal yang wajib dilakukan. Selain itu, membersihkan AC secara rutin juga dapat memperpanjang umur AC dan mempertahankan kinerja optimal.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan untuk Membersihkan AC

Sebelum membersihkan AC, tentu perlu dipersiapkan alat dan bahan yang tepat berikut ini:

  • Obeng
  • Sikat gigi bekas
  • Cairan pembersih
  • Kemoceng/Bulu ayam
  • Vacuum Cleaner (penyedot debu)
  • Air
  • Kain lap
Reparasi AC

https://elements.envato.com

Cara Tepat Membersihkan AC

Setelah membahas tentang alat dan bahan, berikut adalah cara yang tepat untuk membersihkan AC:

1. Matikan Aliran Listrik

Sebelum mulai membersihkan AC, pastikan semua komponen utama AC diputuskan dari soket listrik dan bersihkan sekitarnya.

2. Buka Penutup AC

Pertama, bukalah penutup atau casing AC dengan menggunakan obeng secara perlahan dan hati-hati. Setelah dibuka, maka bagian filter akan langsung terlihat. Periksalah filter tersebut apakah dalam kondisi bagus atau tidak.

3. Bersihkan Filter AC

Sebuah filter AC biasanya memiliki banyak debu dan kotoran yang menumpuk. Jadi, lepaslah filter tersebut dan bersihkan dengan menggunakan sikat gigi bekas, kemoceng atau pun Vacuum Cleaner (penyedot debu).

Sementara itu, alternatifnya adalah dengan melepas filter pada AC dan mencucinya dengan merendam di cairan pembersih. Tujuannya adalah agar spora jamur dan berbagai kuman dapat dibasmi. Kemudian gosok filter AC secara perlahan agar filter tersebut tidak rusak. Jika bagian filter sudah dibersihkan, langkah berikutnya adalah mengeringkan filter di tempat yang bersih.

4. Bersihkan Bagian Lainnya Pada AC

Selain membersihkan filter, bagian lainnya pada AC juga perlu dibersihkan. Misalnya di sela-sela bagian AC dan memastikan bahwa semuanya benar-benar bersih.

Kemudian juga pastikan untuk selalu memeriksa dan membersihkan saluran air untuk mencegah air menumpuk dan menghilangkan risiko kebocoran. Dan jangan lupa periksa freon apakah perlu diisi ulang.

5. Pasang Kembali Filter AC

Setelah membersihkan filter serta bagian lainnya pada AC, langkah berikutnya adalah pasang kembali filter tersebut.

6. Lakukan Tes

Langkah berikutnya setelah membersihkan seluruh bagian AC, pastikan untuk melakukan tes agar memastikan semuanya sudah berfungsi dengan baik.

Reparasi AC

Sumber : https://www.freepik.com

Cara Membersihkan AC Bagian Outdoor

Membersihkan AC bagian outdoor adalah salah satu langkah penting untuk memastikan kinerja AC tetap optimal. Sejumlah faktornya adalah dapat meminimalkan kebisingan mesin dan meningkatkan pencapaian suhu AC. 

Langkah pertama untuk membersihkan AC bagian outdoor adalah memutus aliran listrik dan pastikan sudah dalam kondisi dingin. Kemudian, bersihkan debu yang menempel pada bagian kisi-kisi pendingin dengan menggunakan kuas. Sementara untuk area lebih sempit bisa menggunakan sikat gigi berukuran kecil.

Lalu, untuk membersihkan bagian dalam dibutuhkan air. Jadi bisa mulai dengan menyiramkan air ke bagian kisi-kisi AC tanpa melepas bagian kipas. Namun, perlu lebih hati-hati karena ada bagian mesin kompresor yang berbentuk kotak dan dilindungi plat seng.

Selain perlu hati-hati agar tidak terkena mesin, pastikan juga tekanan air yang disiramkan agar terjangkau pada area tertentu. Tak lupa diayunkan sedikit agar dapat merontokkan setiap kotoran dan teruskan hingga benar-benar bersih. Kemudian setelah semuanya dilakukan, pasang kembali kisi-kisi plastik yang merupakan pelindung kipas dan keringkan dengan menggunakan kain lap.

Cara Mengetahui Waktu yang Tepat untuk Membersihkan AC

Sebaiknya membersihkan AC dilakukan per satu bulan, namun berikut adalah tanda-tanda bahwa AC sudah perlu dibersihkan:

1. Terlihat Kotoran pada Bagian Bukaan AC

Jika pada bagian bukaan AC terlihat titik-titik hitam, itu berarti filternya sudah harus dibersihkan. Titik-titik hitam yang dimaksud bisa menjadi petunjuk bahwa ada jamur atau pun lumut di dalam AC.

2. Air yang Menetes

Hal lain yang jadi pertanda kalau AC sudah harus dibersihkan adalah jika terlihat adanya tetesan air keluar dari AC. Salah satu penyebabnya adalah filter pada AC sudah kotor dan membuat udara tidak mengalir dengan baik sehingga air menetes dari AC.

Cara Merawat AC Agar Lebih Tahan Lama

Pembahasan menarik lainnya terkait membersihkan AC yang tepat tentu saja adalah cara merawatnya agar lebih tahan lama.

1. Ganti Filter AC Setiap 3 Bulan

Cara merawat AC agar lebih tahan lama yang pertama adalah selalu ganti filter AC secara berkala, sebaiknya setiap 3 bulan.

2. Gunakan AC Saat Dibutuhkan

Cara berikutnya adalah menggunakan AC pada saat dibutuhkan. Jadi, sebaiknya matikan AC ketika sedang tidak ada orang di rumah.

3. Cara Menyalakan AC

Sepertinya terdengar mudah, tapi ternyata ada cara tepat untuk menyalakan AC. Misalnya adalah menyetel suhu AC dengan level paling rendah agar beban kerja AC lebih ringan.

4. Pengecekan Secara Rutin

Terakhir adalah melakukan pengecekan secara rutin, di mana salah satunya adalah memeriksa saluran yang menghubungkan unit dalam dan luar rumah. Seandainya ada kebocoran, bisa gunakan isolasi khusus atau bahkan diganti alat penghubungnya.

Itulah penjelasan terkait cara membersihkan AC yang tepat. Anda dapat melakukannya di rumah. Jika Anda tidak ingin repot membersihkannya sendiri, Anda bisa menggunakan jasa membersihkan AC yang terpercaya. Selain membersihkan perawatan AC juga dibutuhkan agar lebih awet dan kinerjanya tetap optimal. 

Jika Anda ingin mencari Supplier AC terlengkap dan termurah termasuk AC Split Duct, CV. Bintang Plasma jawabannya. Kami menyediakan berbagai merek AC ternama dengan jenis dan tipe beragam. Semua produk AC kami dijamin murah, berkualitas dan bergaransi.