11 Cara Menggunakan AC Agar Lebih Hemat Listrik - Toko Elektronik, Jual AC Surabaya, Jual Elektronik Surabaya, Elektronik, AC, Service AC, TV, Alat Elektronik, Harga AC, Electronic Store, Air Conditioner

AC atau Air Conditioner adalah perangkat elektronik yang digunakan untuk menyesuaikan suhu, kelembaban dan aliran udara dalam suatu ruangan. Alat ini berfungsi untuk menjaga kenyamanan udara di dalam ruangan atau sebuah bangunan, dengan mempertahankan suhu yang telah diatur. AC juga dapat menghilangkan kotoran, bau, serpihan debu, dan partikel udara lainnya serta memastikan bahwa udara di dalam ruangan tetap sehat.

Sementara itu, konsumsi listrik dalam penggunaan AC di rumah tangga tergolong besar dan tentunya memiliki biaya tinggi. Terlebih lagi jika AC dinyalakan terus-menerus maka konsumsi listrik semakin membengkak. Namun ada beberapa cara menghemat listrik dalam penggunaan AC.

1.Pastikan Ruangan Tertutup dengan Rapat

Cara pertama untuk menghemat listrik dalam penggunaan AC adalah dengan memastikan bahwa ruangan sudah tertutup rapat. Hal tersebut perlu dilakukan agar AC dapat bekerja maksimal. Jadi setelah ruangan tertutup rapat, barulah nyalakan AC agar ruangan lebih cepat terasa sejuk.

2.Turunkan Suhu Secara Bertahap

Menurunkan suhu secara bertahap pada AC adalah cara yang bermanfaat untuk membantu kita menghemat energi. Dengan menurunkan suhu secara perlahan, Anda tidak hanya dapat menghemat biaya listrik, tetapi juga membantu Anda merasa nyaman saat berada di ruangan.

3.Atur Fan Speed ke Maksimal

Saat menggunakan AC, tentu Anda ingin memastikan bahwa Anda mendapatkan kinerja yang hemat energi dan pengalaman penyejukan yang nyaman. Salah satu cara untuk memastikan itu adalah dengan mengatur Fan Speed (Kecepatan Kipas) AC ke maksimal. Dengan melakukan ini, maka airflow yang optimal dapat dihadirkan serta memberikan suhu udara yang Anda inginkan.

Mengatur Fan Speed AC cukup mudah. Pada mesin AC, Anda akan melihat mode pengaturan yang telah diprogram dengan tiga kecepatan kipas (tinggi, sedang, dan rendah). Apabila AC memiliki pilihan auto, gunakan itu. Mode ini akan secara otomatis mengubah kecepatan kipas sesuai dengan suhu ruangan. 

Namun, jika Anda ingin mengontrolnya secara manual, Anda dapat menggunakan mode tinggi untuk maksimalkan kecepatan kipas. Hal itu akan berfungsi dengan efektif untuk menyesuaikan kebutuhan.

Ketika AC bekerja pada tingkat tertinggi, itu berarti AC akan menggunakan energi lebih banyak dan menambah biaya listrik. Namun, jika AC Anda tidak mencapai suhu ruangan yang Anda inginkan, maka ini adalah cara tepat yang akan memungkinkan Anda untuk mencapai suhu ruangan yang nyaman tanpa harus memodifikasi AC.

4.Menyalakan Mode Swing

Mode Swing pada AC adalah fitur yang diciptakan untuk membantu konsumen mencapai kestabilan suhu ruangan secara lebih cepat. Fitur ini mengubah besarnya blower pada AC atau memutar flap pengatur suhu sehingga membantu menyebarkan udara di ruangan dengan lebih merata. Mode Swing mampu meningkatkan efisiensi energi serta mengatasi masalah suhu tak seimbang di ruangan berukuran lebih besar.

Sebagai informasi tambahan, umumnya terdapat 2 Mode Swing pada AC, yaitu ke arah atas bawah dan kanan kiri. Jika Anda ingin ruangan lebih cepat terasa sejuk, cukup menyalakan 2 Mode Swing tersebut.

5.Menaikkan Suhu Sebelum Tidur

Menaikkan suhu sebelum tidur pada AC merupakan cara yang dapat membantu Anda mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. 

Kelebihan dari cara ini adalah bahwa AC akan membuat udara di dalam ruangan terasa lebih dingin saat Anda bangun pagi hari. Bahkan menaikkan suhu sebelum tidur pada AC dapat meningkatkan kualitas udara dalam ruangan, karena dalam kondisi tersebut, AC dapat menyaring udara yang berisi polutan, debu dan partikel kotor lainnya.

Selain itu, menaikkan suhu sebelum tidur pada AC juga dapat membantu Anda menghemat penggunaan listrik.

6.Rutin Bersihkan Filter

Filter adalah salah satu komponen penting di dalam AC. Jika komponen tersebut jarang dibersihkan, maka akan menimbulkan bau tak sedap ketika AC dinyalakan. Hal itu pun membuat energi listrik terkuras lebih banyak.

Dengan demikian, sebaiknya Anda membersihkan filter AC secara rutin setiap 1 bulan. Terlebih lagi jika Anda memiliki lingkungan dengan kondisi udara yang buruk dan juga sering menyalakan AC.

7.Frekuensi Saklar AC

Cara lainnya agar hemat listrik dalam penggunaan AC yaitu dengan memastikan frekuensi saklarnya. Jika sering menyala dan mematikan AC, maka tagihan listrik sangat mungkin melonjak. Jadi jika ruangan hanya sebentar tidak ditempati, Anda hanya perlu membiarkan AC menyala dengan suhu 25 derajat celcius.

8.Gunakan AC Inverter

AC invеrtеr merupakan suatu tеknоlоgi bаru yаng mеnggаntikаn реngаtur biаsа уаng dараt mеmbuаt AC lеbih efisien dan hеmat lіstrik. Sistem ini bisa membuat AC beroperasi pada frekuensi tinggi atau rendah untuk menggunakan daya secara efisien. 

Sebagai informasi, saat AC dinyalakan, sistem inverter memang dapat mengambil banyak energi listrik. Namun setelah suhunya menyesuaikan ruangan, kompresor pada AC dapat bekerja lebih stabil dan seminimal mungkin. Perlu diketahui juga bahwa penggunaan AC inverter sebaiknya di ruangan tertutup.

9.Aktifkan Blower AC

Pada umumnya AC memiliki pengaturan sistem blower. Anda dapat menerapkan suhu ideal sambil mengaktifkan setelan pada kipas agar lebih hemat listrik. Dengan setelan kipas tersebut, suhu ruangan tetap sejuk meski temperaturnya dalam kondisi sedang karena didukung kecepatan pada perputaran udara.

10.Perhatikan Efisiensi AC

Cara menghemat listrik dalam penggunaan AC yang berikutnya adalah dengan memperhatikan efisiensi. Misalnya adalah dengan tidak menyalakan AC saat ruangan tidak berpenghuni.

11.Rutin Melakukan Pemeliharaan Pada AC

Terakhir, rutin melakukan pemeliharaan pada AC dapat menghemat listrik. Hal itu karena jika AC sering dibersihkan, aliran udara pada sistemnya akan berjalan dengan baik.

Cara menggunakan AC agar listrik tetap hemat ini dapat Anda terapkan di rumah. Semoga tips ini bisa bermanfaat sehingga penggunaan listrik di rumah Anda lebih efisien dan tidak boros. 

Jika Anda ingin mencari Supplier AC terlengkap dan termurah termasuk AC Split Duct, CV. Bintang Plasma jawabannya. Kami menyediakan berbagai merek AC ternama dengan jenis dan tipe beragam. Semua produk AC kami dijamin murah, berkualitas dan bergaransi.