Membahas AC tak cukup hanya perihal fungsinya saja. Tapi ternyata banyak sekali jenis AC yang dapat digunakan sebagai alat elektronik yang membuat ruangan menjadi sejuk. Salah satu AC yang dapat kamu gunakan adalah AC ceiling suspended

Namanya lumayan susah untuk diucapkan. Sebagian orang tentu belum mengetahui kenapa harus menggunakan AC ceiling suspended. Yuk kita bahas bersama!

Apa itu AC ceiling suspended?

AC Ceiling Suspended

AC ceiling suspended merupakan sebuah pendingin ruangan yang didalamnya menggunakan cassette. Umumnya dipasang pada ruangan yang sangat luas seperti pusat perbelanjaan, gedung pertemuan dan sebagainya.

Apakah ada yang memasangnya di rumah? Mengingat proses instalasinya menggunakan teknologi central, maka AC jenis ini tidak diperuntukkan untuk dipasang pada sebuah rumah yang ruangannya tidak luas. Kecuali AC menggunakan teknologi split sehingga dapat dipasang dirumah.

Unit ini dilengkapi dengan sensor yang dapat mengatur kecepatan serta produksi udara yang dingin atau sejuk sesuai dengan kondisi area pemasangan dan berapa jumlah orang yang berada di area tersebut. Sangat keren sekali bukan ?

AC ceiling juga menyediakan pendingin variabel dari empat ventilasi loh, biasanya pemasangan diletakkan pada bagian tengah ruangan  atau pada beberapa titik langit-langit pada sebuah ruangan yang luas.

Baca juga: AC Cassette : Pengertian Dan Keunggulannya

Spesifikasi AC ceiling suspended

AC ceiling suspended adalah jenis sistem pendinginan yang dirancang untuk dipasang di langit-langit atau atap suatu ruangan. Berikut adalah beberapa spesifikasi umum yang dapat ditemui pada AC ceiling suspended:

1. Kapasitas pendinginan

AC ceiling suspended memiliki kapasitas pendinginan bervariasi yang diukur dalam unit British Thermal Units (BTU) per jam. Kapasitas ini menentukan seberapa besar ruangan yang dapat dicakup dan seberapa efisien pendinginan yang dapat dilakukan oleh unit tersebut.

2. Desain dan dimensi

Desain ceiling suspended memungkinkan unit untuk menggantung di langit-langit dengan menggunakan bracket atau penyangga yang kuat. Dimensinya dapat bervariasi tergantung pada model dan mereknya.

3. Tipe refrigerant

AC ceiling suspended menggunakan refrigerant untuk proses pendinginan. Tipe refrigerant ini dapat berbeda antar model dan merek. Pemilihan refrigerant juga dapat dipengaruhi oleh regulasi dan kebijakan lingkungan.

4. Kemampuan pengaturan udara

Beberapa model AC ceiling suspended dilengkapi dengan kemampuan pengaturan udara yang lebih canggih, seperti osilasi udara dan kemampuan mengarahkan aliran udara ke arah tertentu sesuai kebutuhan.

5. Teknologi inverter

Beberapa unit dilengkapi dengan teknologi inverter yang dapat meningkatkan efisiensi energi dengan mengatur kecepatan kompresor sesuai dengan kebutuhan pendinginan.

Rekomendasi AC ceiling suspended

Disini kami merekomendasikan jenis AC Ceiling Suspended dari merek ternama yang pastinya berkualitas dan menawarkan harga yang terjangkau.

1. AC ceiling Daikin

AC Ceiling Daikin

AC Ceiling Daikin memiliki teknologi inverter yang dapat mengontrol kecepatan motor kompresor sehingga mampu mendorong aliran refrigerant variabel yang terdapat pada sistem. Memiliki desain yang simpel dan modern.

Meskipun desainnya sederhana namun compact dan memiliki daya tarik yang tinggi. Kesan mewah tetap akan didapatkan apalagi dapat disesuaikan dengan desain ruangan yang digunakan. Tidak hanya itu saja, perawatan AC Daikin mudah untuk dilakukan.

AC ini juga memiliki fitur yang lengkap , salah satunya dapat mengalirkan suhu udara ke seluruh ruangan. Pengguna tidak perlu repot melakukan pengaturan setiap waktu karena sudah ada sistem otomatis yang melakukannya.

2. AC ceiling Panasonic

AC Ceiling Panasonic

Tidak ada ruginya untuk memasang AC ceiling, terlebih AC ceiling Panasonic yang satu ini. Sudah dilengkapi dengan teknologi wide angle airflow yang bekerja maksimal sehingga dari tembok ke tembok akan turut merasakan kesejukannya. Kami, distributor AC Panasonic memiliki banyak produk dan tipe dari AC jenis ini. 

Fungsi AC ceiling

Beberapa manfaat dari pemasangan AC ceiling suspended dapat dilihat pada keterangan dibawah ini :

  • Menghasilkan aliran udara yang lebih stabil pada ruangan atau area yang sangat luas
  • Menjaga suhu ruangan supaya tetap stabil
  • Mendinginkan tubuh dari panas sehingga tidak dehidrasi
  • Menyaring polutan dan bakteri 
  • Menjadikan sirkulasi udara jauh lebih sehat
  • Mengurangi stress dan gangguan kesehatan lainnya

Cara kerja AC ceiling 

Sudah tahukah kamu bagaimana cara kerja AC ceiling suspended? Yuk simak ulasannya dibawah ini !

AC ini digantung pada langit-langit sebuah gedung atau bangunan lainnya. Dirancang menggunakan teknologi split yang akan mengontrol suhu ruangan dengan cepat dan efektif. Udara yang dikeluarkan oleh AC akan ditarik ke unit langit-langit utama.

Kemudian ditransfer ke unit kondensor terpisah melalui pipa yang berada di AC. Unit kondensor harus dipasang pada dinding luar. Pada bagian dalam kondensor terjadi proses pendinginan udara sedangkan udara hangat dan kelembaban akan keluar.

Udara dingin yang berada pada AC akan di filter dan dikembalikan ke unit utama. Lalu disebarkan kembali menuju seluruh ruangan secara menyeluruh hingga ke sudut-sudut ruangan tanpa terkecuali. Begitu sampai seterusnya.

Teknik pemasangan dapat dilakukan dengan dua cara, yang pertama dipasang namun terlihat pada langit-langit atau plafon. Sedangkan teknik kedua dipasang seolah menyatu dengan plafon jadi tidak tampak oleh siapapun.

Kelebihan AC ceiling

  • Tidak menimbulkan suara berisik karena menggunakan kipas DC dilengkapi penukar suhu udara yang besar
  • Mampu menghasilkan aliran udara sejuk yang sangat nyaman dan pas sesuai pengaturan suhu
  • Perawatan mudah untuk dilakukan
  • Desain AC up to date dan ramping
  • Menghasilkan aliran udara yang stabil 
  • Pemasangan lebih mudah untuk dilakukan
  • Lebih hemat biaya
  • AC Dapat diprogram dengan mudah dan cepat
  • Dapat dikendalikan dari jarak jauh

Tunggu apalagi?  Mari beralih ke AC ceiling suspended, khususnya bagi kamu yang memiliki gedung dengan area yang luas. Selain lebih hemat, tentunya jauh lebih dingin hingga ke seluruh ruangan. Temukan di CV. Bintang Plasma. Kami menyediakan berbagai merk AC ternama dengan jenis dan tipe beragam. Semua produk AC kami dijamin murah, berkualitas dan bergaransi.