Memilih AC mungkin merupakan sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Hal tersebut karena pemilihan AC perlu disesuaikan dengan ukuran ruangan, sehingga tidak mengganggu kenyamanan dan aktivitas pengguna.

Pemilihan AC yang tidak sesuai juga dapat mengakibatkan sistem operasi atau kerja AC kurang optimal, pemborosan daya, dan tagihan listrik yang besar. Karenanya, artikel ini akan membahas cara memilih AC yang sesuai dengan kondisi ruangan Anda.

Apa saja rekomendasinya? Simak penjelasan lengkapnya sebagai berikut.

Luas Ruangan yang Akan Dipasang AC

Pengukuran luas ruangan sangat penting untuk Anda perhatikan sebelum membeli AC pilihan. Hal tersebut karena luas atau ukuran ruangan memiliki pengaruh besar terhadap efektifitas penurunan suhu ruangan. Sehingga udara dingin dapat disalurkan secara merata dan dapat menjangkau seluruh ruangan.

Kapasitas AC dan Tegangan Listrik

Sebelum memilih dan membeli AC, ada baiknya bagi Anda untuk mengetahui kapasitas dan tegangan listrik dari AC yang Anda butuhkan. Biasanya hal tersebut juga dipengaruhi oleh luas ruangan yang akan dipasang AC. 

Dengan mempertimbangan kapasitas dan tegangan listrik AC yang akan dibeli, Anda dapat memaksimalkan fungsi AC dan menekan pengeluaran biaya listrik. Disesuaikan dengan kebutuhan dan keperluan harian.

Misalnya saja untuk ruangan meeting dan ruangan server, jenis AC yang digunakan adalah AC standar karena mampu menghemat daya dan pengeluaran. Sedangkan untuk ruang tidur, Anda dapat menggunakan AC inverter yang telah dilengkapi dengan berbagai fitur canggih.

Jumlah Orang dalam Ruangan

Ketika menentukan AC dalam ruangan tertutup, Anda juga perlu mempertimbangkan jumlah orang yang menempati ruangan tersebut, Hal tersebut karena setiap orang yang berada dalam satu ruangan yang sama akan memberikan pengaruh besar terhadap udara dingin yang dikeluarkan oleh AC.

Sehingga, semakin banyak orang yang berada dalam satu ruangan ber-AC, akan semakin besar juga kapasitas AC yang dibutuhkan. Tentunya besarnya kapasitas AC tersebut akan berpengaruh terhadap tingginya jumlah tagihan listrik.

Tipe dan Merk AC yang Akan Dipasang

Untuk mampu menentukan jenis AC yang sesuai untuk digunakan di dalam ruangan, Anda juga perlu mempertimbangkan tipe dan merk AC yang ada di pasaran atau berbagai marketplace

Beberapa merk AC yang populer digunakan oleh masyarakat, diantaranya yaitu Panasonic, Daikin, Sharp, Mitsubishi, Polytron, LG, Akari, Honshu, dan lain sebagainya. 

Sedangkan tipe AC tersebut antara lain adalah AC Split, AC Cassette, AC Standing, AC Ceiling, dan masih banyak lagi.

1. AC Split

AC TCL

AC jenis ini sangat umum dijumpai di rumah-rumah untuk digunakan dalam berbagai kegiatan sehari-hari. AC split umumnya terdiri dari dua bagian, yaitu indoor dan outdoor.

Bagian indoor terletak di dalam ruangan dan berfungsi untuk menukar udara panas dengan udara sejuk atau dingin. Sedangkan bagian outdoor, atau kondensor, berfungsi untuk melepaskan panas. 

2. AC Standing

Jenis AC ini merupakan salah satu alat pendingin ruangan yang memiliki fleksibilitas tinggi. Sehingga, dapat dipindahkan sesuai dengan keperluan. Anda dapat menemukan AC jenis ini pada acara pernikahan, pesta, pameran, dan lain-lain.

3. AC Ceiling

AC ceiling merupakan jenis pendingin ruangan yang dipasang pada langit-langit. Umumnya, AC ini juga memiliki pipa panjang dengan efisiensi tinggi. Anda dapat menjumpai AC jenis ini di berbagai pusat perbelanjaan seperti mall, rumah sakit, dan gedung-gedung perkantoran.

4. AC Cassette

AC cassette umumnya banyak digunakan di dalam ruangan besar dan luas, seperti ruang kantor dan ruang pertemuan atau meeting room. Hal tersebut karena AC tipe ini mampu mendinginkan ruangan luas secara cepat atau instan.

Demikian beberapa penjelasan mengenai karakteristik AC yang cocok untuk ruangan. Semoga dapat membantu Anda dalam menentukan pilihan AC terbaik yang dapat disesuaikan dengan berbagai kebutuhan dan keperluan sehari-hari!

Nah, itu tadi beberapa tips memilih AC yang cocok untuk ruangan Anda. Jika Anda ingin mencari Supplier AC terlengkap dan termurah, CV. Bintang Plasma jawabannya. Kami menyediakan berbagai merek AC ternama dengan jenis dan tipe beragam. Semua produk AC kami dijamin murah, berkualitas dan bergaransi.

Fakta unik tentang AC menurut blog go-fix adalah AC perlu dibersihkan setiap 3 bulan sekali. Jika malas membersihkannya, penumpukan debu dan kotoran tidak hanya berdampak pada kerusakan mesin AC, tapi juga kamu yang menghirup udaranya.

Untuk itu, jika kamu merasa sudah terlalu repot dengan urusan rumah tangga dan kantor sehingga tidak sempat membersihkan AC, kami juga menyediakan layanan reparasi AC dan service AC. Segera hubungi kami untuk mendapatkan penawaran harga terbaiknya.