Ternyata Bahan Alami Ini Dapat Membuat AC di Rumah Kembali Dingin Seperti Baru - Toko Elektronik, Jual AC Surabaya, Jual Elektronik Surabaya, Elektronik, AC, Service AC, TV, Alat Elektronik, Harga AC, Electronic Store, Air Conditioner

AC atau Air Conditioner adalah alat yang dapat mendinginkan suatu ruangan dengan segala teknologinya. Di era saat ini, AC tidak hanya dipasang di gedung-gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, rumah sakit dan di tempat pelayanan publik, karena AC sendiri seperti menjadi salah satu kebutuhan di rumah-rumah.

Khususnya, rumah-rumah yang memasang AC karena berada di wilayah yang cenderung memiliki suhu cukup panas sehingga AC dibutuhkan untuk membuat penghuninya merasa nyaman.

Belasan atau puluhan tahun lalu, harga AC tergolong mahal dan hanya orang-orang kaya yang memiliki alat pendingin ruangan ini. Namun seiring dengan perkembangan zaman, harga AC lebih terjangkau dengan segala varian, merek hingga ukuran PK.

Kemudian AC juga memiliki daya listrik berbeda-beda tergantung pada spesifikasinya, sehingga sebelum membeli AC, Anda perlu memperhatikan apa yang benar-benar sesuai untuk penggunaan sehari-hari.

Akan tetapi salah satu masalah yang kerap muncul dari Air Conditioner adalah tidak terasa dingin meskipun sudah dinyalakan. Simak artikel ini sampai habis seputar masalah AC, dan ada juga pembahasan tentang bahan alami yang dapat digunakan untuk membersihkan AC hingga cara penggunaannya.

Hal yang Membuat AC di Rumah Tidak Dingin

Seperti halnya kendaraan, AC juga membutuhkan perawatan rutin agar dapat berfungsi secara maksimal. Jika AC jarang dirawat, maka dapat menimbulkan berbagai masalah seperti kurangnya kemampuan pendinginan hingga sama sekali tidak terasa dingin.

Rekomendasi Ukuran PK AC yang Sesuai dengan Luas Ruangan

Dan berikut ini adalah berbagai penyebab AC tidak terasa dingin:

  • Unit AC dalam Kondisi Kotor

Yang biasanya membuat AC tidak terasa dingin saat dinyalakan adalah karena unitnya dalam kondisi kotor alias jarang dibersihkan. Terlebih lagi jika rumah Anda berlokasi yang cukup berdebu seperti di pinggir jalan raya. Jika demikian, maka Anda perlu lebih sering

  • Kurang Freon (Gas Pendingin)

Hal umum lainnya yang membuat AC tidak dingin ketika dinyalakan adalah karena masalah Freon alias gas pendingin. Biasanya jika kekurangan Freon, otomatis kemampuan pendingin AC akan berkurang.

Selain itu, kebocoran pada Freon juga menjadi salah satu penyebabnya. Untuk mencari tahun Anda bisa memeriksa AC apakah terdengar suara desis yang menandakan saluran gas mengalami kebocoran.

  • Sistem Evaporator yang Membeku

Jika Anda masih menggunakan AC lawas dan tidak terasa dingin saat dinyalakan, maka kemungkinan ada masalah pada sistem evaporator. Hal itu karena sistem tersebut membeku karena jangka waktu yang terlalu lama saat digunakan.

  • Masalah pada Sistem Kelistrikan

Salah satu penyebab AC tidak dingin adalah sistem kelistrikan yang bermasalah, misalnya saja terjadi korsleting.

  • Sumbatan pada Pipa Drainase

Setiap unit AC pasti terdapat sebuah pipa drainase di dalamnya, yang fungsinya adalah untuk mengeluarkan air sisa pendinginan udara. Dan jika terjadi sumbatan pada pipa tersebut, otomatis AC tidak bekerja secara maksimal dan mempengaruhi kualitas pendinginan.

  • Masalah pada Sensor Pendingin Otomatis

Pada AC modern biasanya terdapat sensor otomatis yang berfungsi sebagai pengatur suhu, yang dapat menyesuaikan kondisi di dalam dan luar rumah. Jika sensor tersebut mengalami kerusakan, maka AC juga tidak bisa bekerja secara maksimal.

  • Salah Pengaturan pada Unit AC

Setiap unit AC memiliki sistem pengaturan yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Namun jika salah mengaturnya, maka sangat mungkin AC tidak terasa dingin ketika dinyalakan.

  • Kondisi di Luar Rumah

Jika Anda tinggal di wilayah yang memiliki suhu panas, maka hal itu dapat mempengaruhi kemampuan mendinginkan udara dari AC. Jadi pastikan bagian unit AC yang terletak di luar ruangan berada di tempat yang teduh alias tidak terkena matahari secara langsung.

Selain itu, kondisi luar rumah yang terlalu dingin juga dapat mempengaruhi cara kerja AC. Karena jika tinggal di wilayah dengan suhu dingin, maka percuma jika menggunakan AC.

Bahan Alami yang Dapat Digunakan untuk Membersihkan AC

Seperti yang diketahui sebelumnya, penyebab paling umum yang membuat AC tidak terasa dingin saat dinyalakan adalah karena unitnya yang kotor. Biasanya, kita memanggil jasa pembersih AC untuk membersihkan unit, padahal ada cara hemat untuk melakukannya sendiri.

Terlebih lagi ada bahan alami yang dapat digunakan untuk membersihkan AC, yaitu cuka. Siapa pun tahu bahwa cuka biasanya digunakan untuk memasak, mudah ditemukan dan harganya sangat terjangkau. 

Salah satu alasan cuka dapat membantu membersihkan AC karena kandungannya tidak merusak pipa tembaga yang ada di dalam unit. Cuka juga dapat membasmi ganggang, jamur dan bakteri lain yang dapat menumpuk dan menyebabkan penyumbatan. Hanya saja salah satu kekurangannya adalah meninggalkan bau yang menyengat.

Cara Membersihkan AC dengan Bahan Alami

Setelah mengetahui bahwa cuka adalah bahan alami yang dapat membersihkan AC, tentu Anda juga perlu tahu tentang cara penggunaan serta langkah-langkahnya sebagai berikut:

Pertama

Matikan AC sebelum dibersihkan, pastikan aliran listrik sudah terputus.

Kedua

Lepaskan filter AC secara hati-hati dan perlahan. Lalu bersihkan filter tersebut.

Ketiga

Cuci filter AC secara menyeluruh, bisa dengan merendam filter tersebut ke wadah datar yang sudah terisi cuka, dan kemudian dipindahkan ke wadah datar berisi air hangat. Diamkan sekitar 60 menit dan kemudian bisa perlahan menggunakan selang. 

Keempat

Jika sudah kering dan bersih, filter dapat dipasang kembali ke unit AC. Namun sebaiknya tunggu hingga 30-60 menit untuk menyalakan AC kembali.

Kelima

Agar dapat hasil terbaik dan menjaga AC tetap bersih dan dingin, Anda dapat mengulangi rutinitas pembersihan ini setiap bulan.

Dengan informasi di atas, tidak ada salahnya untuk membersihkan AC sendiri, terlebih bahan alaminya sangat mudah ditemukan di mana-mana. Namun jika ingin menghemat waktu dan tenaga, sebagai supplier AC, CV. Bintang Plasma memiliki jasa pembersihan dan perawatan AC baik untuk di rumah, atau di kantor dan gedung. Kami memiliki banyak merk produk AC dengan kualitas yang bagus dan tentu harga termurah. Hubungi admin Kami untuk lebih jelasnya.