Di daerah panas, AC sangat penting untuk kenyamanan rumah. Dahulu, hanya orang kaya yang bisa membeli AC karena harganya mahal. Kini, AC lebih terjangkau dengan berbagai merek dan ukuran PK, serta variasi daya listrik sesuai kebutuhan.

Namun, AC sering mengalami masalah seperti tidak dingin meski sudah dinyalakan. Salah satu cara membuat AC dingin kembali adalah menggunakan Cuka untuk membersihkan AC. Untuk selengkapnya, simak artikel ini yang membahas berbagai solusi dan bahan alami untuk membersihkan AC.

Cara Membuat AC Dingin Kembali

Penyebab paling umum yang membuat AC tidak terasa dingin saat dinyalakan adalah karena unitnya yang kotor. Biasanya, kita memanggil jasa pembersih AC untuk membersihkan unit, padahal ada cara membuat AC dingin kembali dengan Bahan alami yaitu cuka.

Salah satu alasan cuka dapat membantu membersihkan AC karena kandungannya tidak merusak pipa tembaga yang ada di dalam unit. Cuka juga dapat membasmi ganggang, jamur dan bakteri lain yang dapat menumpuk dan menyebabkan penyumbatan. Hanya saja salah satu kekurangannya adalah meninggalkan bau yang menyengat.

Setelah mengetahui bahwa cuka adalah bahan alami yang dapat membersihkan AC, tentu Anda juga perlu tahu tentang cara penggunaan serta langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Matikan AC sebelum dibersihkan, pastikan aliran listrik sudah terputus.
  • Lepaskan filter AC secara hati-hati dan perlahan. Lalu bersihkan filter tersebut.
  • Cuci filter AC secara menyeluruh, bisa dengan merendam filter tersebut ke wadah datar yang sudah terisi cuka, dan kemudian dipindahkan ke wadah datar berisi air hangat. Diamkan sekitar 60 menit dan kemudian bisa perlahan menggunakan selang.
  • Pasang kembali filter. Jika sudah kering dan bersih, filter dapat dipasang kembali ke unit AC. Namun sebaiknya tunggu hingga 30-60 menit untuk menyalakan AC kembali.
  • Ulangi pembersihan. Agar dapat hasil terbaik dan menjaga AC tetap bersih dan dingin, Anda dapat mengulangi rutinitas pembersihan ini setiap bulan.

Penyebab AC di Rumah Tidak Dingin

Seperti halnya kendaraan, AC juga membutuhkan perawatan rutin agar dapat berfungsi secara maksimal. Jika AC jarang dirawat, maka dapat menimbulkan berbagai masalah seperti kurangnya kemampuan pendinginan hingga sama sekali tidak terasa dingin.

Rekomendasi Ukuran PK AC yang Sesuai dengan Luas Ruangan

Dan berikut ini adalah berbagai penyebab AC tidak terasa dingin:

  • Unit AC dalam Kondisi Kotor

Yang biasanya membuat AC tidak terasa dingin saat dinyalakan adalah karena unitnya dalam kondisi kotor alias jarang dibersihkan. Terlebih lagi jika rumah Anda berlokasi yang cukup berdebu seperti di pinggir jalan raya. Jika demikian, maka Anda perlu lebih sering

  • Kurang Freon (Gas Pendingin)

Hal umum lainnya yang membuat AC tidak dingin ketika dinyalakan adalah karena masalah Freon alias gas pendingin. Biasanya jika kekurangan Freon, otomatis kemampuan pendingin AC akan berkurang.

Selain itu, kebocoran pada Freon juga menjadi salah satu penyebabnya. Untuk mencari tahun Anda bisa memeriksa AC apakah terdengar suara desis yang menandakan saluran gas mengalami kebocoran.

  • Sistem Evaporator yang Membeku

Jika Anda masih menggunakan AC lawas dan tidak terasa dingin saat dinyalakan, maka kemungkinan ada masalah pada sistem evaporator. Hal itu karena sistem tersebut membeku karena jangka waktu yang terlalu lama saat digunakan.

  • Masalah pada Sistem Kelistrikan

Salah satu penyebab AC tidak dingin adalah sistem kelistrikan yang bermasalah, misalnya saja terjadi korsleting.

  • Sumbatan pada Pipa Drainase

Setiap unit AC pasti terdapat sebuah pipa drainase di dalamnya, yang fungsinya adalah untuk mengeluarkan air sisa pendinginan udara. Dan jika terjadi sumbatan pada pipa tersebut, otomatis AC tidak bekerja secara maksimal dan mempengaruhi kualitas pendinginan.

  • Masalah pada Sensor Pendingin Otomatis

Pada AC modern biasanya terdapat sensor otomatis yang berfungsi sebagai pengatur suhu, yang dapat menyesuaikan kondisi di dalam dan luar rumah. Jika sensor tersebut mengalami kerusakan, maka AC juga tidak bisa bekerja secara maksimal.

  • Salah Pengaturan pada Unit AC

Setiap unit AC memiliki sistem pengaturan yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Namun jika salah mengaturnya, maka sangat mungkin AC tidak terasa dingin ketika dinyalakan.

  • Kondisi di Luar Rumah

Jika Anda tinggal di wilayah yang memiliki suhu panas, maka hal itu dapat mempengaruhi kemampuan mendinginkan udara dari AC. Jadi pastikan bagian unit AC yang terletak di luar ruangan berada di tempat yang teduh alias tidak terkena matahari secara langsung.

Selain itu, kondisi luar rumah yang terlalu dingin juga dapat mempengaruhi cara kerja AC. Karena jika tinggal di wilayah dengan suhu dingin, maka percuma jika menggunakan AC

Rekomendasi Distributor AC Terpercaya

Setelah memahami cara membuat AC dingin kembali, saatnya Anda mempercayakan kebutuhan AC Anda pada distributor yang terpercaya. Pilih CV Bintang Plasma, distributor terkemuka yang siap menyediakan produk AC berkualitas tinggi serta layanan purna jual yang memuaskan. Jangan tunda lagi, hubungi CV Bintang Plasma hari ini dan nikmati kenyamanan tanpa batas di ruang Anda!

CV Bintang Plasma
Jalan Tanjungsari No. 3 Blok E27, Surabaya

Whatsapp : +62821-4633-3345
Whatsapp : +62811-319-3345
Instagram : @bintangplasma.ac

Jam Operational
Senin – Jum’at : 08.00 – 16:00 WIB
Sabtu : 08:00 – 14:00 WIB