Indonesia dikenal sebagai Negara Tropis yang cuacanya sangat panas. Hal tersebut dikarenakan letaknya yang berada di garis khatulistiwa sehingga mendapatkan sinar matahari secara penuh. Bahkan saat musim hujan sekalipun tetap terasa panas.

Untuk mengatasi cuaca panas tersebut, banyak yang memutuskan untuk menggunakan AC Floor standing sebagai solusi tepat mengatasi panas yang sering mengganggu aktivitas. Apa yang dimaksud dengan AC floor standing? Apakah kamu sudah pernah melihat bagaimana bentuknya? Apabila penasaran, simak ulasan di bawah ini!

Definisi AC Floor Standing

AC merupakan singkatan dari Air Conditioner.Jenis AC yang satu ini tidak perlu ditempel pada dinding, melainkan diletakkan diatas lantai dengan posisi standing atau berdiri. Ukurannya sangat besar dibandingkan AC pada umumnya yang ditempel pada dinding.

AC pertama kali ada pada masa Romawi Kuno dan Persia sekitar abad pertengahan. Kemudian pada abad ke 19 muncul pendingin dengan teknologi yang lebih canggih dan modern sebagai bentuk perkembangan ilmu pengetahuan (ilmu kimia).

Tahun 1902 ditemukan pendingin udara berskala besar yang menggunakan daya listrik yang dikenalkan oleh Willis Haviland Carrier. Teknologi ini digunakan hingga sampai saat sekarang ini dengan beragam merek yang berbeda.

Fungsi AC Floor Standing

Apakah AC berfungsi sebagai pengatur suhu udara Saja? Yuk temukan jawabannya disini.

1. Sebagai Pengatur Suhu Udara

AC digunakan sebagai pengatur suhu udara yang dapat diatur suhunya sesuai dengan keinginan. Cara menaikkan atau menurunkan suhunya menggunakan remote khusus. Hasilnya ruangan menjadi lebih sejuk.

Suhu AC yang paling rendah di angka 16◦ Celcius sedangkan paling tinggi mencapai 30◦celcius. Setelah suhu mencapai angka tertentu, maka kinerja dari AC akan jauh lebih santai dari pertama kali AC dinyalakan. 

2. Sebagai Pengatur Kelembaban

Ternyata AC tidak hanya digunakan sebagai pengatur suhu ruangan saja. Tapi juga dapat digunakan sebagai pengatur kelembaban. Gunakan mode cool supaya ruangan sejuk dengan tingkat kelembaban yang sesuai.

Gunakan mode dry (kering) apabila ingin membuat ruangan terasa lebih kering dari pengapnya sebuah ruangan. Dengan begitu kamu akan menjadi lebih nyaman apabila berada didalam ruangan dalam waktu yang lama.

3. Menyaring Parasit, Debu dan Kotoran

Penyaringan ini dilakukan agar tidak memenuhi ruangan sehingga udara terasa lebih sehat. Filter AC harus bekerja secara maksimal supaya kualitas udara tidak menurun. Cocok sekali digunakan untuk pengguna yang menderita asma atau penyakit lain yang berhubungan dengan pernapasan.

Cara Kerja AC Floor Standing

AC dapat diletakkan dimana saja sesuai keinginan pengguna. Kamu juga dapat memindahkannya dengan mudah. Sistem yang digunakan yakni refrigerant (freon) yang memiliki unit indoor dan outdoor. 

Mulanya AC mengubah air yang diubah dalam wadah yang ada di dalam AC menjadi udara yang sehat dan segar. Menerapkan teknologi turbo cooling function yang membuat proses pendinginan yang cepat.

Ada pula yang menerapkan auto swing louver yang bergerak otomatis menyebarkan udara sejuk hingga ke seluruh penjuru ruangan. 

Kelebihan AC Floor Standing

Berikut ini keunggulan dari AC Floor Standing dibandingkan AC lain :

1. Harga Lebih Terjangkau

Berhubung perawatan AC ini lebih murah, jadi tidak perlu menggunakan jasa perawatan. Tabung yang dimiliki juga mudah sekali dibersihkan. 

2. Pemasangan Lebih Mudah

Untuk pemasangannya dapat dilakukan sendiri tanpa bantuan orang lain. Cukup diletakkan saja di salah satu sisi ruangan. Tidak perlu repot memasangnya seperti AC yang biasanya ditempel pada dinding.

3. Lebih Sejuk dan Menyeluruh

AC standing memiliki kualitas yang lebih mumpuni sehingga mampu menjadikan ruangan lebih sejuk dan menyeluruh. Suhu AC yang dihasilkan juga natural, kamu dapat mengatur sesuai kebutuhan.

4. Mudah di Pindahkan

Dari segi pemasangan yang tidak perlu ditempel pada dinding, melainkan hanya meletakkannya pada sudut ruangan membuat AC ini lebih praktis dan mudah untuk dipindahkan. 

Rekomendasi  Merk AC Floor Standing

1. AC Floor Standing Panasonic

AC Floor Standing Panasonic

Memiliki cooling` capacity 12.40 Kw SAMPAI 42,300 Btuh. Terdiri dari PK 2 dengan model CS/CU-J18FFP5 dengan daya 1690 watt. PK 3 model CS/CU-J28FFP5 memiliki daya 2270 watt. Sedangkan PK 5 model CS/CU J45FFP5 yang memiliki daya 4880 watt.

2. AC Floor Standing Honshu

Ada beberapa model yang dapat kamu gunakan sebagai pilihan terbaik diantaranya model HSF 252 (PK 3), HSF 272 (PK 3) dan HSF 452 (PK 5). Daya setiap model berbeda-beda tergantung pada pilihan kamu nantinya.

3. AC Floor Standing Changhong

AC Floor Standing Changhong

AC Floor Changhong terdapat beberapa model yakni CHFS-24LA PK 3 daya 2500 watt. Model CHFS-48LA PK 4 dengan daya 4500 watt. Terakhir model CCC-42QW PK 5 yang dirancang dengan daya 4200 watt.

4. AC Floor Standing Gree

AC Floor Standing Gree

Model AC Standing Gree terdiri dari beberapa model yaitu GVC-18TS, GVC-24TS, GVC-24TS (S), GVC-48-TS, dan GVC-55TS.

5. AC Floor Standing high capacity daikin

AC Floor Standing high capacity daikin

Tidak jauh berbeda dengan capacity daikin memiliki model SVGR05NV, SVGR06NV, SVGR08NV dan SVGR10NV.

6. AC Floor Standing Malaysia daikin

AC Floor Standing Malaysia daikin

Bagi yang tertarik untuk menggunakan AC Floor standing malaysia dakin dapat memilih beberapa model, yakni SV71CXVL, SV71CXVL, SV100DXYL, SV125DXYL, dan SV140DXYL.

7. AC Floor Standing High Capacity LG

AC Floor Standing High Capacity LG

Jenis AC yang suhunya dapat ditentukan jauh lebih cepat dengan suhu dingin yang kuat. Terdapat fungsi power heating yang pada sudut optimal menghembuskan udara dengan performa pemanasan yang juga lebih cepat.

Semua jenis AC yang kami rekomendasikan dapat menjadikan ruangan kamu menjadi segar, sehat dan nyaman. Tentunya ramah dikantong!

Jika Anda ingin mencari Supplier AC terlengkap dan termurah termasuk AC Floor Standing, CV. Bintang Plasma jawabannya. Kami menyediakan berbagai merek AC ternama dengan jenis dan tipe beragam. Semua produk AC kami dijamin murah, berkualitas dan bergaransi.