Rekomendasi Ukuran PK AC yang Sesuai Luas Ruangan - Bintang Plasma

Di Indonesia yang memiliki cuaca tropis, tentu AC atau Air Conditioner sangat dibutuhkan terlebih lagi saat musim kemarau. Bahkan tidak harus musim kemarau, karena di daerah-daerah tertentu seperti perkotaan biasanya rumah-rumah hingga perkantoran memiliki AC di ruangannya.

Hal itu dibutuhkan demi kenyamanan para penghuni rumah atau perkantoran dalam beraktivitas sehari-hari, yang mana menggunakan kipas angin dirasa kurang atau tidak menjadi solusi.

Bagaimana Mengetahui Suatu Ruangan Butuh Berapa PK AC?

Sebelum memasang AC di ruangan, tentu harus mengetahui tentang PK AC karena setiap ruangan memiliki kebutuhan yang tidak sama. Di mana salah satu manfaat mengetahui jenis-jenis PK AC adalah agar lebih hemat energi dan tidak membuat tagihan listrik membengkak. PK AC sendiri bisa dilihat dari deskripsi produk yang terdapat pada buku petunjuk atau dus AC. 

Jadi, apakah Anda bingung mengetahui ukuran ruangan Anda butuh berapa PK? Coba perhatikan tabel rekomendasi untuk menghitung kesesuaian PK AC dengan suatu ruangan berikut ini:

Ukuran PK AC

Jumlah BTU/h Luas Ruangan (m2)

½ PK

5.000 BTU/h

10 m2

¾ PK

7.000 BTU/h

14 m2

1 PK

9.000 BTU/h

18 m2

1,5 PK

12.000 BTU/h

24 m2

2 PK

18.000 BTU/h

34 m2

2,5 PK 24.000 BTU/h

45 m2

 

Sebenarnya ada rumus untuk menghitung berapa besaran PK AC yang sesuai dengan luar ruangan. Namun, sebaiknya mengetahui istilah-istilahnya (yang sesuai dengan tabel di atas) dan cara menghitung untuk membeli AC yang tepat sesuai kebutuhan.

Yang pertama, PK merupakan satuan daya pada kompresor AC. Sementara yang kedua BTU/h adalah singkatan dari British Thermal Unit per hour yang dikenal sebagai daya pendingin AC yang menjelaskan kemampuan mengurangi panas atau mendinginkan ruangan dengan luas dan kondisi tertentu selama 1 jam.

Ruangan 3×3 Butuh Berapa AC?

Mengatur suhu AC

Sumber : https://www.freepik.com

Ukuran sebuah ruangan yang paling umum adalah 3×3 m2, dan hal ini bisa menjadi contoh kasus untuk memahami cara penghitungannya. Sementara itu, rumus idealnya adalah 3 x 3 x 537 BTU/h = 4.833 BTU/h, yang berarti untuk ruangan berukuran 9m² minimal membutuhkan AC ½ PK karena memiliki BTU/h sebesar 5000.

Jika melihat contoh di atas, mungkin kamu akan bingung akan menggunakan AC ½ PK yang memiliki 5.000 BTU/h atau AC ¾ PK yang memiliki 7.000 BTU/h. Karena untuk BTU/h menentukan tingkat dingin AC, maka sebaiknya pilih AC ¾ PK dan hanya perlu 1 unit saja.

Definisi BTU/h dan PK

Setelah memperhitungkan ukuran PK AC yang cocok untuk ruangan 3×3 m2, tentu Anda bertanya-tanya tentang definisi dari BTU/h dan PK, meskipun sudah ada sedikit ulasan tentang keduanya.

Pertama, BTU/h dapat dijelaskan sebagai kekuatan pendinginan AC, yang mana jika BTU/h semakin besar, maka AC akan terasa semakin dingin. Jadi, jika AC yang Anda miliki kurang dingin, mungkin bisa membeli AC yang memiliki BTU/h lebih besar.

Lalu bagaimana cara mengetahui BTU/h pada AC? Hal itu bisa dilihat pada deskripsi produk yang menjelaskan tentang spesifikasinya.

Sebagai informasi tambahan, saat membeli AC di Indonesia, biasanya yang ditanyakan adalah PK-nya. Namun, suatu merek AC dengan merk AC lainnya yang sama-sama memiliki 1 PK bisa berbeda dinginnya. Hal itu karena PK tidak menjadi jaminan suatu AC lebih dingin, melainkan faktor BTU/h.

Misalnya AC merk A memiliki 1 PK dengan 8.500 BTU/h, sedangkan AC merk B memiliki 1 PK dengan 10.000 BTU/h, maka AC merk B pasti lebih dingin karena faktor BTU/h yang lebih besar.

PK merupakan singkatan dari Paard Kracht (Bahasa Belanda) yang diartikan sebagai ‘Daya Kuda’. Sedangkan untuk konteks AC, PK ini merupakan besaran tenaga yang dibutuhkan AC untuk mendinginkan ruangan dimana besarannya tergantung pada jenis AC serta kebutuhan ruangan.

Cara Penghitungan

Masih terkait dengan penghitungan rumus menentukan PK AC dalam suatu ruangan, ada contoh lain terkait rumusnya dengan ukuran panjang 3 meter, lebar 4 meter dan tinggi 2,5 meter serta dihuni oleh dua orang dewasa sebagai berikut:

(Panjang x Lebar x Tinggi Ruangan x Faktor 1 x 37) + (Jumlah orang x Faktor 2)

Angka Faktor 1

  • Untuk kamar tidur = 5
  • Untuk kantor atau living room = 6
  • Untuk tempat usaha = 7

Angka Faktor 2

  • Untuk orang dewasa = 600 BTU/h
  • Untuk anak-anak = 300 BTU/h

Cara menghitung:

(3 x 4 x 2,5 x 5 x 37) + (2 x 600) = 5.550 + 1.200 = 6.750 BTU/h

Jadi untuk ruangan dengan ukuran 3×4 meter dibutuhkan AC ¾ PK karena memiliki 7.000 BTU/h. 

Sementara jika ingin mengetahui lebih lengkap tentang cara menghitung PK AC yang lebih mudah dipahami pada suatu ruangan, Anda bisa klik link berikut:

https://bintangplasma.com/cara-hitung-ac-pk-dengan-benar-sesuai-kebutuhan.

Faktor Lain yang Mempengaruhi Penghitungan

BTU/h mungkin bisa jadi acuan untuk menentukan PK AC suatu ruangan, namun ternyata ada faktor lain yang dapat mempengaruhi kebutuhan PK AC. Misalnya saja ruangan yang tidak terkena sinar matahari akan lebih cepat dingin sehingga PK AC yang dibutuhkan lebih rendah.

Selain itu, tinggi ruangan juga mempengaruhi di mana standarnya adalah 2,5 meter atau 3 meter. Ditambah lagi jumlah orang yang menghuni suatu ruangan menjadi faktor lainnya dalam menentukan PK AC.

Jadi sebelum membeli AC, pastikan spesifikasinya sudah sesuai kebutuhan dan rumus serta faktor-faktornya bisa jadi acuan.

Jika Anda ingin mencari Supplier AC terlengkap dan termurah, CV. Bintang Plasma jawabannya. Kami menyediakan berbagai merek AC ternama dengan jenis dan tipe beragam. Semua produk AC kami dijamin murah, berkualitas dan bergaransi.