Rumah dengan udara yang sejuk dan segar adalah harapan semua orang. Dengan demikian, Ia akan merasakan nyaman saat berdiam diri di rumah. Banyak cara yang dapat dilakukan agar udara di rumah menjadi segar seperti memasang ventilasi udara di setiap ruangan, menghidupkan kipas angin, memasang plafon lebih tinggi atau memasang AC.

Berbicara soal AC, memang tidak bisa sembarangan dalam melakukan pembelian dan pemasangannya. Harus ada teknisi khusus yang menanganinya.  Apabila anda membeli AC di toko maka akan ditanya berapa PK AC yang dibutuhkan. Sehingga sebelum membelinya anda harus mempelajari betul apa itu PK AC.

Nah di sini, kami akan memberikan penjelasan mengenai pengertian PK AC dan rumus dalam menghitungnya supaya ruangan tetap terjaga kesegarannya. Lantas bagaimana caranya? Simak penjelasan di bawah ini

Apa itu PK AC (Paard Kracht)?

PK AC

Sumber: pixabay.com

PK AC atau paard kracht (bahasa belanda) adalah besaran daya kuda yang dibutuhkan oleh AC untuk mendinginkan suatu ruangan. Ukuran PK berbeda-beda tergantung besar kecilnya suatu ruangan. Semakin besar daya yang dikeluarkan tentunya ruangan akan semakin dingin begitu pula sebaliknya.

Cara menghitung kebutuhan PK AC yang sesuai

Menghitung Kebutuhan PK AC

Sumber: pixabay.com

Untuk dapat menghitung PK AC yang dibutuhkan setiap ruangan, anda harus mengetahui rumus perhitungannya dengan berpatokan pada standar tinggi ruangan Indonesia yaitu 2,5-3 meter.

Rumus : P x T x I x L x E x 60

Keterangan satuan:
P = Panjang ruang
T = Tinggi ruang
I = Nilai 10 jika ruang berinsulasi dan 18 jika tidak berinsulasi
L = Lebar ruang
E = Nilai hadap ruang (utara: 16), (timur :17), (selatan:18), dan (barat:20)

Hasil perhitungan sesuai rumus tersebut nantinya akan dicocokkan dengan standar ukuran PK pada AC.

Standar PK AC Jumlah BTU/h Luas ruang ( m²)
½ PK 5.000 BTU/h 10m²
¾ PK 7.000 BTU/h 14 m²
1 PK 9.000 BTU/h 18 m²
1,5 PK 12.000 BTU/h 24 m²
2 PK 18.000 BTU/h 34 m²
2,5 PK 24.000 BTU/h 45 m²

Contoh perhitungan kebutuhan PK AC

Di sini kami akan sajikan sebuah contoh perhitungan PK AC dalam kehidupan sehari-hari. Agar mudah dalam memahaminya, perhatikan contoh berikut:

Sebagai contoh, Nur ingin memasang sebuah AC pada kamarnya. Ruang kamar Nur memiliki ukuran panjang 3m (10 kaki), lebar 3m (10 kaki) dan tingginya 3m (10 kaki) . ruang tidak berinsulasi ( 18) dengan panjang dinding ruang menghadap ke arah selatan. Cara perhitungannya adalah dengan memasukkan angka tersebut sesuai rumus di atas.

  • Rumus BTU: P x T x I x L x E x 60
  • BTU: 10 kaki x 10 kaki x 18 x 10 kaki x 18/60 =5.400 BTU/h

Berdasarkan hasil perhitungan tersebut maka untuk mendinginkan ruang kamar Nur, Ia membutuhkan Ac dengan ukuran PK ½ saja.

Tips memasang AC pada sebuah ruangan

Dalam melakukan pemasangan AC di sebuah ruangan, maka perhatikanlah hal-hal berikut terlebih dahulu:

  • Perhatikan ukuran tinggi sebuah ruang
    Selain ukuran panjang dan lebar suatu ruang, ternyata tinggi juga berpengaruh saat menentukan PK AC, semakin tinggi ruangan semakin besar PK yang dibutuhkan, oleh karena itu gunakan standar tinggi ruang di Indonesia yaitu 2,5-3m tidak lebih 4 meter.
  • Perhatikan jumlah pemakai AC
    Banyak sedikitnya orang tergantung ukuran ruang. Untuk ruang kecil biasanya hanya dibatasi maksimal 2 orang saja.
  • Perhatikan arah rumah
    Beda arah rumah beda pula cara menghitungnya. Hindari ruang yang menghadap ke arah barat. Karena menghadap tepat saat sang surya terbenam maka sinarnya terlalu panas sehingga tidak tepat untuk pemasangan AC. Maka buatlah rumus yang menghadap utara.

CV Bintang Plasma merupakan salah satu Toko AC Surabaya. Berdiri pada tahun 2004 dan merupakan AUTHORIZED DISTRIBUTOR untuk berbagai merk elektronik yang ada di Indonesia. Bergerak di bidang penjualan grosir selama lebih dari 10 tahun. Sejak 2017, telah menyediakan jasa instalasi dan maintenance AC. Tersedia berbagai macam jenis AC sesuai dengan kebutuhan anda. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.